Kesiagaan Corona, Kodim 0722 Kudus Dirikan Tenda Posko Covid-19 di Halaman RS Kartika Husada

oleh -284 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Sebuah tenda kesehatan besar berwarna hijau milik Komando Daerah Militer 0722 didirikan sebagai posko Covid-19 atau Rumah Sakit Bantuan (Rumkitban) di halaman RS Kartika Husada, Selasa (17/03/2020).

Tenda ini selain dilengkapi dengan 11 tempat tidur (TT) juga terdapat monitor set, yang berfungsi untuk mengecek suhu badan, tekanan darah, denyut nadi dan kadar oksigen dalam tubuh.

Tenda posko Covid-19 atau Rumah Sakit Bantuan (Rumkitban) yang didirikan di halaman RS Kartika Husada sebagai kesiagaan Kodim 0722 Kudus hadapi Corona (Foto: YM)

Komandan Kodim 0722/Kudus, Letkol Arm Irwansyah saat meninjau tenda tersebut mengatakan bahwa pendirian posko ini sebagai bagian upaya pencegahan penyebaran corona di kota kretek. Utamanya dalam penanganan OPD di Kudus.

“Nantinya akan digunakan sebagai tempat karantina bagi orang dalam pengawasan (ODP) Covid-19 di Kudus,” ujarnya, Selasa (17/03/2020).

ODP merupakan sebutan bagi mereka yang baru pulang dari negara yang terjangkit corona. Atau orang yang pernah melakukan kontak langsung dengan penderita Covid-19, dalam kurun waktu 14 hari terakhir. Dan belum mengalami gejala flu, batuk, nyeri tenggorokan hingga demam diatas 38 derajat celcius.

“Jadi mereka yang baru pulang dari luar negeri atau pernah bersentuhan dengan penderita Covid-19 akan kita jaring dan dikarantina di sini. Agar potensi penyebaran corona di Kudus bisa minimalisir,” kata dia.

Dilengapi dengan alat pelindung diri (APD) lengkap. Kondisi ODP dapat dipantau secara lebih rijit dan akurat.

Selain dilengkapi 11 tempat tidur (TT) juga terdapat monitor set, yang berfungsi untuk mengecek suhu badan, tekanan darah, denyut nadi dan kadar oksigen dalam tubuh. (foto: YM)

“Selama ini ODP datang ke puskesmas untuk memeriksakan diri. Dengan adanya posko ini diharapkan bisa meringankan beban puskesmas dalam menangani ODP,” ujarnya.

Mengenai upaya tindaklanjut ODP yang mulai menunjukkan gejala mirip corona. Irwansyah menuturkan akan segera merujuk ODP ke RSUD dr. Loekmono Hadi sebagai rumah sakit rujukan corona di Kudus.

“Posko ini hanya untuk tindakan preventif saja. Tidak sampai ke kuratif atau rehabilitatifnya, kalau ada hal-hal yang mencurigakan maupun suspect maupun mendekati kearah Corona, maka akan kita adakan pemeriksaan observasi,” jelasnya.

Selain mendirikan posko, pihaknya akan mengurangi aktivitas berkumpul dalam jumlah besar.

“Kita juga menghimbau agar masyarakat tidak terlalu banyak beraktifitas di luar dan berinteraksi sosial dengan masyarkat yang lain,” terangnya. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.