Keutamaan Bulan Sya’ban, Waktunya Catatan Amal Ibadah Manusia Diserahkan pada Allah SWT

oleh -612 kali dibaca
Foto: istimewa

isknews.com – Sebelum memasuki bulan Ramadan, umat muslim mengenal bulan Sya’ban yang terletak antara bulan Rajab dan Ramadan. Sya’ban adalah istilah bahasa Arab yang berasal dari kata syi’ab yang artinya jalan di atas gunung. Islam kemudian memanfaatkan bulan Sya’ban sebagai waktu untuk menemukan banyak jalan, demi mencapai kebaikan.

Karena letaknya yang mendekati bulan Ramadan, bulan Sya’ban memiliki berbagai hal yang dapat memperkuat keimanan. Umat Islam dapat mulai mempersiapkan diri menjemput datangnya bulan termulia dengan penuh suka cita dan pengharapan anugerah dari Allah SWT karena telah mulai merasakan suasana kemuliaan Ramadan.

Dalam tulisan Syaifullah Amin, Pengurus Pusat Lajnah Ta’lif wan Nasyr (LTN) NU, Bulan Sya’ban bahkan disebut bulan diangkatnya amal-amal. “Karenanya, aku menginginkan pada saat diangkatnya amalku, aku dalam keadaan sedang berpuasa.” (HR Abu Dawud dan Nasa’i)

Peringatan Nisfu Syaban menjadi salah satu momen yang begitu dinantikan oleh umat muslim. Nisfu Syaban adalah peringatan tanggal 15 bulan kedelapan dari kalender Islam dan di tahun ini peringatannya jatuh pada hari Minggu, 28 Maret 2021.

Malam Nisfu Syaban sangat istimewa, pasalnya malam Nisfu Syaban juga disebut sebagai malam pengampunan. Ya, pada malam-malam Nisfu Syaban, Allah SWT akan mengampuni dosa orang yang memohon ampunan, mengasihi mereka yang memohon kasih, menjawab setiap doa yang dipanjatkan, serta membebaskan orang dari siksa api neraka.

Salah satu amalan yang bisa dilakukan saat Nisfu Syaban adalah puasa. Puasa Nisfu Syaban juga bertepatan dengan puasa Ayyamul Bidh. Namun tak hanya itu, masih ada beberapa amalan yang dapat umat muslim lakukan pada malam Nisfu Syaban. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

Puasa

Salah satu keistimewaan malam Nisfu Syaban dapat kita peroleh melalui puasa:

“NAWAITU SHAUMA GHADIN’AN ADA’I SUNNATI SYA’BANA LILLAHI TA’ALA”

Artinya: “Aku berniat puasa sunah Syaban esok hari karena Allah SWT.”

Di samping itu, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda bahwa sebaik-baiknya umat muslim adalah mereka yang menghabiskannya dengan memperbanyak doa:

“Allah Ta’ala memberikan perhatian-Nya kepada seluruh makhluk-Nya pada malam Nisfu Syaban. Dan Allah Ta’ala mengampuni seluruh makhluk-Nya kecuali orang yang musyrik dan orang yang saling berdengki satu sama lain.” (HR At-Thabrani dari Muadz bin Jabbal radhiallahu ‘anhu).

“Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu anni’. Allahumma inni as alukal ‘afwa wal ‘afiyata wal mu’afaatad daimata fid dunya wal akhirati.”

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Mulia. Engkau menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku. Ya Allah, sesungguhnya aku betul-betul memohon maaf kepada-Mu, dan kesehatan dan kecukupan di dunia dan akhirat.”

Zikir

Dicukupkan Nikmat Oleh Allah SWT

Salah satu amalan yang bisa umat muslim lakukan saat malam Nisfu Syaban ialah perbanyak zikir. Zikir saat malam Nisfu Syaban akan memperbanyak pahala bagi Anda.

Sayyid Muhammad bin Alawi telah menjelaskan:

“Seyogianya seorang muslim mengisi waktu yang penuh berkah dan keutamaan dengan memperbanyak membaca dua kalimat syahadat, La Ilaha Illallah Muhammad Rasululullah, khususnya bulan Syaban dan malam pertengahannya.”

Istighfar

Dimudahkan Jalan Menuju Surga

Selain zikir, umat muslim juga dapat memperbanyak istighfar pada malam Nisfu Syaban. Istighfar dapat menjadi pembuka ampunan atas segala dosa-dosa yang telah dilakukan. Selain itu, istighfar juga dapat memudahkan rezeki. Sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an dan hadis. Apalagi pada bulan Syaban dosa-dosa akan akan diampuni, kesulitan dimudahkan, dan kesedihan dihilangkan.

Berdoa

Pada saat malam Nisfu Syaban, umat muslim juga dianjurkan untuk memperbanyak doa. Selain memohon pengampunan, umat muslim dapat memanjatkan doa meminta keberkahan dan keridhoan Allah SWT.

Hadis riwayat Abu Bakar bahwa Nabi Muhammad SAW mengatakan:

“(Rahmat) Allah SWT turun ke bumi pada malam Nisfu Sya’ban. Dia akan mengampuni segala sesuatu, kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan),” HR. Al-Baihaqi.

Malam Nisfu Syaban 1442 H, jatuh pada malam ke-15 bulan Sya’ban ini di tahun 2021 akan jatuh pada hari Minggu, 28 Maret 2021. Lalu apa saja keistimewaan malam Nisfu Syaban?

Malam Nisfu Syaban, tidak salah jika banyak orang berlomba-lomba berbuat kebaikan di hari datangnya malam Nisfu Syaban.

Mendapat Ampunan Allah SWT

Selain itu Imam Asy-Syafi’i berkata bahwa pada malam Nisfu Sya’ban biasanya membaca Surat Yasin sebanyak 3 kali dimana masing-masing mewakilkan perminyaan kepada Allah dalam memohon umur yang Panjang, kemurahan rezeki serta diberi keteguhan iman (wafat husnul khatimah)

Meski begitu, terdapat 2 hal yang tidak akan mendapat pengampunan oleh Allah SWT di malam penuh kebaikan ini.

Pertama, tidak akan dihapuskannya dosa bagi orang Musyrik atau orang yang menyekutukan Allah dan menyembah selain Allah.

Kedua, orang yang belum berdamai dengan musuhnya, baik kerabat, tetangga atau siapaun itu sesama umat manusia di dunia.

Itulah penjelasan tentang keistimewaan malam nisfu syaban yang perlu kalian ketahui.

Dikutip dari berbagai sumber.

KOMENTAR SEDULUR ISK :