Kinerja Samsat Terus Dipantau Gubernur

oleh -926 kali dibaca

SEMARANG – Perbaikan terhadap layanan di Sistem Administrasi Manunggal di Bawah Satu Atap (Samsat) terus dipantau Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP. Penyelenggaraan samsat idol secara kontinyu menjadi salah satu caranya. Terobosan itu kini mulai dirasakan hasilnya oleh masyarakat.

“Samsat mulai diomongkan masyatakat, sekarang kok cepet ya. Kemarin ada yang mengatakan, Pak saya nitip amplop ditolak. Berarti ada perbaikan di sana. Yang ngomong bukan saya tapi masyarakat. Di Samsat, ada tiga lembaga. Selain Pemprov, ada Jasa Raharja dan kepolisian. MoU yang pernah kita dorong harus kita ingatkan terus menerus,” terang Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP saat memimpin apel di halaman Kantor Gubernur, Rabu (22/7).

Pelayanan prima, lanjutnya, akan dijadikan tradisi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Kedisiplinan sumber daya manusia dan sistem verifikasi pun akan ditingkatkan.

“Ketika kita kembali pada fitrah, kita akan kembali menjaga kesucian ini untuk mendapatkan kesalehan pelayanan, kesalehan sosial, dan kesalehan birokrasi. Kita memberikan pelayanan paling baik. Disiplin kita tingkatkan untuk merespon secara cepat. Pelan-pelan semakin presisi, sehingga tepat merespon,” tegas mantan anggota DPR RI itu.

Pada kesempatan ini, diumumkan pula Samsat terbaik se-Jawa Tengah periode April-Mei 2015. Setelah pada periode sebelumnya Samsat Kabupaten Cilacap menjadi yang terbaik, kali ini Samsat Kabupaten Rembang berhasil meraih predikat terbaik. Hal ini menunjukkan bahwa samsat mampu menghadirkan pelayanan secara cepat dan tepat seperti yang didambakan masyarakat.

Sementara itu, disinggung soal PNS yang belum hadir pasca libur lebaran, Ganjar menuturkan presensi PNS hampir seratus persen. Tidak ada laporan tanpa izin.

“Bagus laporannya. Banyak yang seratus persen masuk. Ada yang cuti besar. Ada yang tidak hadir karena melaksanakan tugas. Lebih bagus dari (tahun) kemarin. Tidak ada laporan tidak masuk tanpa izin,” pungkasnya. (HJ)

KOMENTAR SEDULUR ISK :