Kirab Merah Putih Upaya Bangkitkan Nasionalisme dan Kecintaan Terhadap NKRI

oleh

Pati,ISKNEWS.COM – Ada berbagai cara untuk mewujudkan rasa cinta tanah air, terlebih pada saat peringatan hari kemerdekaan. Di Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati misalnya, untuk lebih memasyarakatkan kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sejumlah elemen masyarakat melakukan Kirab Merah Putih.

Kurang lebih 1.500 orang berkumpul di halaman kecamatan setempat, Minggu (18-08-2019) dengan mengenakan atribut serba merah putih mulai dari kostum yang dikenakan, hingga bendera Indonesia yang dipasang pada bagian belakang kendaraan.

TRENDING :  Disperkim Pati Tata Rusunawa

Peserta Kirab Merah Putih menyusuri jalan desa di wilayah Kecamatan Gunungwungkal, Minggu (18-08-2019) kemarin. (istimewa)

Sekitar pukul 07.45 wib rombongan peserta Kirab Merah Putih yang terdiri dari perwakilan masyarakat, Polri, TNI dan unsure pemerintahan, diberangkatkan oleh Camat Gunungwungkal.

Kapolres Pati AKBP Jon Wesley Arianto melalui Kapolsek Gunungwungkal IPTU Agus Pranowo mengatakan, kegiatan Kirab Merah Putih ini merupakan yang pertama dilakukan di tingkat kecamatan.

TRENDING :  Warga Tegal Meninggal Mendadak di SPBU Lengkong

“Di tingkat kecamatan di Kabupaten Pati baru ini, di Kecamatan Gunungwungkal. Selain memeriahkan HUT ke-74 RI, tujuan kami adalah memasyarakatkan kecintaan terhadap NKRI sekaligus membangkitkan kembali rasa nasionalisme di kalangan masyarakat,” terang Agus Pranowo.

Dengan mengendarai motor yang dipasang bendera Merah Putih, para peserta melakukan konvoi dengan tertib. Areal berbukit yang menjadi cirri khas daerah Gunungwungkal bukan menjadi hambatan berarti bagi para peserta konvoi.

TRENDING :  TNI Ajak Pelajar Tabuh Genderang Perang Lawan Narkoba

“Para peserta melintasi 15 desa yang ada di Kecamatan Gunungwungkal. Mudah-mudahan apa yang kami lakukan ini, meski masih belum seberapa, bisa menambahkan kecintaan masyarakat terhadap Negara ini,” ujar kapolsek yang juga seorang dalang ini.

Setelah mengelilingi 15 desa di Kecamatan Gunungwungkal, rombongan konvoi Kirab Merah Putih membubarkan diri di titik finish lapangan sepak bola Desa Sumberejo. (IN)

KOMENTAR SEDULUR ISK :