Kirab Visualisasi Dhandhangan Digelar Besok, Ini Rutenya…

oleh -1,032 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kudus besok, Minggu (5/6) akan menggelar kirab visualisasi Dhandhangan. Rencananya dalam acara tersebut akan diikuti beberapa pihak di antaranya, perwakilan pelajar SMP dan SMA dari masing-masing kecamatan, desa wisata se-Kabupaten dengan masing-masing desa mengirimkan 5 tim, dan para undangan.

image

“Besok rencananya mulai pukul 14.00 WIB akan digelar kirab visualisasi Dhandhangan. Semua pihak yang terlibat sudah melaksanakan gladi bersih kemarin, Jumat (3/6) di Pendopo Kabupaten. Jadi diharapkan kirab besok berjalan dengan lancar,” kata Kabid Pariwisata pada Disbudpar Kudus Dwi Yusi Sasepti kepada isknews.com, Sabtu (4/6).

Yusi menambahkan, untuk rute kirab tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Dari Jl Loekmono Hadi menuju utara Alun-alun Simpang Tujuh, yang sudah didirikan panggung kehormatan dan tempat memukul bedug tanda dimulainya ibadah puasa pada tahun ini.

“Meskipun pada tahun ini Jl ramelan ditutup karena digunakan untuk stan UMKM se-Jateng, tapi peserta akan tetap melalui jalan tersebut. Hanya saja dipindah ke jalur lambat, kalau sebelumnya itu kan di jalur cepat,” tuturnya.

Dia menambahkan, peserta yang sudah sampai di depan panggung kehormatan akan berhenti sejenak untuk pentas di hadapan Bupati Kudus beserta seluruh undangan dan masyarakat yang hadir.

“Setelah melakukan pentas di depan panggung kehormatan, para peserta akan melanjutkan kirab menuju finsih di depan SMP 3 Kudus. Setelah semua selesai baru bedug akan dipukul sekaligus sebagai pertanda keesokan harinya merupakan hari pertama puasa,” pungkasnya. (MK)

KOMENTAR SEDULUR ISK :