KLHK Bantu Ribuan Bibit Pohon Kepada KTH Muda Makmur Desa Payak

oleh -149 kali dibaca

Pati, isknews.com – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memberikan bantuan perhutanan sosial nusantara (Bang Pesona) di Desa Payak, Kecamatan Cluwak, Selasa (10/11/2020). Bantuan tersebut berupa bibit tanaman produktif dan tanaman hutan.

Kegiatan tersebut dimaksudkan Sebagai upaya untuk memperkuat perekonomian masyarakat wilayah hutan serta menjaga ekosistem kelestarian hutan yang berada di wilayah tersebut

Kepala Cabang Dinas Kehutanan Pati Puji Harini mengatakan, bantuan tersebut diserahkan secara langsung kepada Kelompok Tani Hutan (KTH) Muda Makmur. Jumlahnya sebanyak 3800 bibit tanaman produktif dan tanaman kehutanan.

“Bantuan ini diharapkan dapat mendorong agar masyarakat bisa menjalankan usaha Perhutanan Sosial hingga memberikan nilai tambah bagi produk mereka. Kami sangat menyakini, melalui upaya Ini bakal terjadi penguatan ekonomi masyarakat, khususnya petani hutan,” katanya.

Pemilahan dua jenis bibit tanaman itu, disatu sisi untuk memperkuat kelestarian hutan. Sementara disisi lain, untuk tanaman produktif nantinya bisa dimanfaatkan oleh kelompok tani.

Lebih lanjut, strategi pengembangan ekonomi rakyat melalui program Perhutanan Sosial dapat dijadikan solusi di dalam menggairahkan ekonomi nasional. Tentunya hal itu harus melalui penguatan perekonomian lokal.

“Itu salah satu alasan kuat hingga kemudian, KLHK terus mendorong ekonomi lokal melalui program Bang Pesona yang berkesinambungan,” imbuhnya.

Selain Bang Pesona, KLKH juga memberikan bantuan wana ternak kepada KTH Muda Makmur Desa Payak. Mereka mendapatkan bantuan berupa kambing untuk kemudian dibudidayakan.

“Mudah-mudahan bantuan ini dapat menggerakkan perekonomian KTH Muda Makmur. Lebih nanti untuk tanaman produktif bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar,” tutupnya. (*)

KOMENTAR SEDULUR ISK :