Komoditi Ayam Pedaging Di Kudus, Produksi Capai 40 – 50 Ton Per Hari, Permintaan Hanya 40%

oleh -1,527 kali dibaca

KUDUS, isknews.com – Usaha ternak ayam pedaging atau ayam broiler di Kabupaten Kudus, bisa dikatakan cukup menjajikan dan banyak diminati, tebuktinya dengan produksi setiap harinya mencapai sebanyak 40 – 50 ton per hari. “Namun produksi yang demikian tinggi itu, tidak diimbangi permintaan pasar yang hanya sebesar 40%, termasuk pada saat menjelang datangnya Ramadhan ini,” kata Kasie Peternakan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Kudus, Sakdiyah, saat dihubungi isknews.com, di ruang kerjanya, Kamis (02/6).
Menurut dia, dibandingkan dengan komoditi lainnya yang termasuk sembilan bahan pokok (sembako) di Kudus, terkat dengan kebutuhan menjelang dan selama bulan puasa, untuk jenis ayam pedaging, permintaan pasar maupun konsumen belum menunjukkan peningkatan yang berarti. “Jumlah permintaan ayam pedaging, dalam satu pekan terakhir ini, masih stabil, berkisar 40% dari jumlah produksi yang mencapai 40 – 50 ton, yakni sekitar 16 ton per hari.”
Produksi sebanyak itu, ungkapnya lanjut, dihasilkan dari usaha ternak ayam broiler di Kudus yang jumlahnya sebanyak 180 orang. Kalau setiap peternak memiliki sedikitnya 3 – 4 kandang dengan jumlah ayam 300 – 500 ekor per kandang, bisa dibayangkan berapa besar produksinya per hari. “Namun tidak ada masalah, terkait dengan tingginya produksi itu, karena selain untuk masyarakat Kudus sendiri, juga didistribusikan ke daerah sekitarnya, yakni Kabupaten Jepara, Demak dan Semarang.”
Kasie Peternakan Dipertan itu menambahkan, untuk perkembangan harga di tingkat penjual di pasar, dalam pekan ini terjadi kenaikan yang cukup tinggi, yakni dari Rp 30 – 35 ribu, per kilogram. “Belum lagi kalau nanti sudah mepet bulan puasa, harga ayam pedaging akan naik lagi.” (DM).

KOMENTAR SEDULUR ISK :