Komunitas Bocah Angon Tanami Pohon Dilereng Pegunungan Kendeng

oleh -1,046 kali dibaca

Pati, isknews.com (Lintas Pati) – Komunitas Bocah Angon bersama Pelajar SMA 2 PGRI Kayen menanam pohon dilereng Pegunungan Kendeng beberapa hari lalu.

Hal ini dilakukan untuk menjaga ekosistem pegunungan kendeng yang semakin gundul dan mengurangi erosi atau tanah longsor ketika hujan turun.

Salah satu anggota Komunitas Bocah Angon, Atut menyampaikan, bahwa keindahan pegunungan kendeng harus dipertahankan, kecintaan terhadap lingkungan harus ditanamkan sejak dini, pasalnya dengan menjaga lingkungan generasi muda selanjutnya bisa menikmati kelestarian dan keindahan gunung dan manfaat dari pegunungan sendiri.

“Jika gunung kendeng terus dibiarkan gundul, yang merasakan dampaknya adalah kita sendiri. Karna sewaktu-waktu bencana bisa terjadi, seperti tanah longsor dan banjir sedang terjadi sekarang ini,” ungkapnya.

Lanjutnya, Gundulnya pegunungan kendeng dikarenakan oleh ulah oknum yang tidak bertanggung jawab. Mereka menebang pohon dan melakukan penggalian secara ilegal. Akibatnya beberapa kecamatan seperti Gabus, Kayen, Tambakromo, dan Sukolilo terjadi bencana banjir yang tak kunjung surut.

“Kita akan secara rutin melakukan kegiatan menanam pohon di Pegunungan Kendeng. Bahkan pada kegiatan sekarang ini kita melibatkan anak sekolah dan Perhutani wilayah Kayen,” lanjutnya. (Wr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :