Komunitas Explore Kedai Kudus Gelar Cupping Kopi Khas Pegunungan Muria

oleh -337 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Komunitas Explor Kedai Kudus mengadakan kegiatan cupping kopi di Warkoba, Kamis (26/08) kemarin siang. Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang ditujukan untuk menemukan resep roasting kopi yang enak khas dari pegunungan muria.

Salah satu pengusung Komunitas Explore Kedai, Islahul Muttqqin, menuturkan, kali ini ada sekitar 20 pemilik kedai kopi dan barista yang hadir mengikuti kegiatan cupping. Tidak hanya dari barista di Kudus, tetapi juga diramaikan oleh beberapa barista di Jepara.

“Ada dari beberapa kedai kopi di Kudus dan Jepara, kalau yang roasting ini khusus dari Kopioteng,” ujarnya.

Untuk jenis kopi yang dijajal untuk cupping kali ini, lanjut Islah, adalah kopi arabika tempur jepara. Ada 4 varian hasil roasting kopi yang dicicipi di masing-masing gelas. Dengan biji kopi yang sama, petani yang sama, serta dipanen di waktu yang sama pula.

“Jadi, bedanya dari 4 gelas kopi di sini itu di waktu roasting-nya,” imbuhnya.

Adapun keempat gelas tersebut, jelas Islah, gelas pertama merupakan light. Gelas kedua yakni light to medium, gelas ketiga adalah medium, serta gelas ketiga adalah medium to dark.

“Yang banyak dipilih gelas 2 dan 3,” ungkapnya.

Kata Islah, selama masa pandemi, kegiatan yang berhubungan dengan kerumunan belum berani dilakukan dengan aktif. Sementara untuk kegiatan cupping sudah 4 dilakukan selama masa pendirian Komunitas Explore Kedai, awal 2021 kemarin.

Diharapkan, dengan adanya kegiatan cupping seperti ini bisa memberikan dampak yang baik untuk menaikkan nama kopi dari Pegunungan Muria. Pihaknya pun memiliki target untuk menjadikan kopi sebagai salah satu sandang untuk Kabupaten Kudus.
r
“Kita ingin mengenalkan Kudus sebagai Kota Kopi juga. Kemudian, branding kopi lokal kita juga setidaknya minimal bisa bersanding dulu dengan kopi yang sudah berkembang pesat, syukur bisa seperti Jawa Barat, Sumatera, ataupun Sulawesi,” tukasnya. (MY/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :