Komunitas Tales Wergu Wetan Panen Perdana Bawang Merah

oleh

Kudus, ISKNEWS.COM – Komunitas tani lemah subur (Tales) Kelurahan Wergu Wetan, Kecamatan Kota, berhasil melakukan panen perdana bawang merah jenis bima curut Brebes, Jumat (05/05/2017). Keberhasilan komunitas Tales mendapat apresiasi dari Camat Kota Kholid Seif, yang ikut mengahadiri panen perdana tersbut.

Kholid berharap, ke depannya Kudus mampu menjadi sentra penghasil bawang merah seperti Brebes, meskipun masih mimpi namun bukan tidak mungkin bisa saja terjadi apabila ada kesungguhan dalam mengelola. ”Saya yakin warga Kudus yang terkenal inovatif mampu mewujudkan hal itu,” ucapnya menyemangati anggota komunitas.

TRENDING :  Tanam Bawang Merah Bersama Ala Paguyuban Petani Lemah Subur

Panen perdana ini selain dihadiri Camat Kota, juga dihadiri pengurus federasi pekerja mandiri (FPM) DPD Jawa Tengah, serta Dinas Pertanian dan Pangan (Distanpangan) Kabupaten Kudus. Perwakilan Distanpangan Kudus, Dwi, menyampaikan, panen perdana bawang merah komunitas Tales ini juga sekaligus menjadi yang pertam di Kudus.

TRENDING :  Musim Tanam II Petani Berharap Panen Nantinya Pemerintah Mudahkan Hasil Panen Masuk Ke Bulog Harga Nasional

Dia juga sangat memuji keberhasilan komunitas Tales, mengingat sempitnya lahan di Kecamatan Kota, namun masih mampu mengelola hingga panen. ”Kami usahakan akan hadir dan membantu mengembangkan pertanian bawang merah, termasuk mengatasi permasalahan atau kendala yang dihadapi,” ujarnya.

Semetara itu sekretaris komunitas Tales Kustiyanto menjelaskan, kendala utama yang dihadapi komunitasnya yakni permasalahan rumput yang menyebabkan panen perdana tidak maksimal. Sebagai solusi sebenarnya sudah ada, yakni dengan menerapkan metode tanam menggunakan mulsa atau plastik.

TRENDING :  Persiapan MT-3 Petani Mulai Tebar Benih

”Dukungan dari semua pihak tentunya kami harapakan, agar ke depannya kami bisa mengembangkan pertanian di Kudus, yang sekaligus dapat menjadi solusi agar masyarakat dapat membeli bawang merah dengan harga terjangkau,” tuturnya. (MK)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.