Konservasi Sungai, Penggiat Lingkungan di Menawan Kudus Tebar Benih Ikan dan Reboisasi

oleh -186 kali dibaca
Komunitas Penggiat Lingkungan di Desa Menawan, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus pada Minggu (17/4/2022) sore, melakukan konservasi sungai dengan melakukan aksi kegiatan tebar benih ikan dan penanaman tumbuhan penghijauan (reboisasi).. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Kudus, isknews.com – Komunitas Penggiat Lingkungan di Desa Menawan, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus pada Minggu (17/4/2022) sore, melakukan konservasi sungai dengan melakukan aksi kegiatan tebar benih ikan dan penanaman tumbuhan penghijauan (reboisasi).

“Komunitas penggiat lingkungan dari mulai Karang Taruna, teman-teman Komunitas dari semua lini. diantaranya dari desa menawan, relawan dari desa sebelah (Rahtawu dan Puyoh) juga dari Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN), bergabung bersama untuk melakukan konservasi sungai secara berkesinambungan,” terang Kepala Desa Menawan, Tri Lestari kepada isknews.com

Kegiatan ini, lanjutnya. telah dimulai dari Jumat 13 Maret 2022 (menebarkan 120 ekor ikan kutuk), lalu Jumat 18 Maret 2022 (menebarkan 550 ekor ikan nila) dan Senin 21 Maret 2022 (menebarkan 1000 ekor ikan lele). Semuanya, kata dia, ditaruh di sungai selobrojo.

Kemudian pada Minggu (17/4/2022), masih kata Tri Lestari, ada tiga kegiatan di lokasi berbeda.

“Pertama, menebarkan ikan wader dan kutuk di Sungai Glagah. Kedua, Penanaman tumbuhan penghijauan di sepanjang Sungai kaligelis. Ketiga, Diskusi bersama di bantaran sungai Selobrojo bersama Pemdes Menawan dan Dinas Pertanian dan Peternakan (DPP) dan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH),” bebernya.

Maksud dan tujuannya, lanjut Tri Lestari, untuk menjaga dan merehabilitasi sungai yang ada, termasuk penanaman pohon penghijauan di sekitar kawasan sungai yang difasilitasi oleh teman-teman dari DPP dan PKPLH.

“Program ini diharapkan akan bisa membawa komitmen bersama dari semua teman-teman yang memiliki kawasan sungai di desanya masing-masing sehingga kami harapkan dari Perda Kabupaten Kudus juga akan merujuk menerbitkan Perdes di desa menawan,” harapnya. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :