KPU Pati Tetapkan Perolehan Kursi dan Caleg Terpilih

oleh

Pati, ISKNEWS.COM – Pasca penolakan dua gugatan caleg DPR RI dan caleg DPRD Kabupaten Pati oleh Mahkamah Konstitusi RI pada Rabu (07-08-2019) lalu, KPU Kabupaten Pati menyusul menggelar rapat pleno menetapkan perolehan kursi dan caleg terpilih.

Rapat pleno yang dilaksanakan di Hotel New Merdeka, Sabtu (10-08-2019) itu dihadiri seluruh pimpinan parpol yang ada di Pati.Komisioner KPU Kabupaten Pati Divisi Hukum Supriyanto mengatakan, dalam putusannya yang dibacakan Rabu lalu, MK menyatakan kedua permohonan gugatan itu tidak dapat diterima atau ditolak.


Ketua KPU Kabupaten Pati Imbang Setyawan menerima berkas Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dari enam caleg Demokrat yang lolos, belum lama ini. (ivan nugraha)

“setelah putusan permohonan tidak dapat terima, dengan kata lain KPU dapat melanjutkan tahapan berikutnya yakni penetapan perolehan kursi dan calon terpilih untuk hasil pemilu legislatif 2019,” ungkapnya.

TRENDING :  Dukuh Barisan Jati Wetan Terendam Banjir, Sebagian Warga Telah Mengungsi

Sementara itu, ketua DPC Partai Demokrat Pati Joni Kurnianto yang juga hadir dalam rapat pleno tersebut menambahkan. Setelah ditetapkan pihaknya langsung menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dari enam caleg Demokrat yang lolos ke KPU Kabupaten Pati.

TRENDING :  KPU Pastikan Distribusi Logistik Pilkada Besok Aman

“Kami dari DPC Partai Demokrat Pati mengapresiasi kerja dari KPU Pati dan Bawaslu Pati yang bekerja sabar dan maksimal, serta selalu berkoordinasi dengan parpol yang ada di Pati sehingga semuanya bisa diselesaikan sesuai dengan prosedur dan tahapan yang telah ditetapkan,” katanya.

Diketahui, dalam rapat pleno tersebut peringkat pertama suara dan kursi adalah PDIP, disusul Partai Demokrat di peringkat kedua, kemudian Gerindra, PKB, PPP, GOLKAR, NASDEM, PKS, HANURA, PERINDO, Partai BERKARYA, PBB, PSI, PAN, Partai GARUDA dan PKPI.

TRENDING :  Apa itu Katarak?

Menduduki peringkat kedua, Demokrat Pati mendapatkan total 91.742 suara. Dimana dapil 1 mendapat 16.163 suara, dapil 2 mendapat 16.739 suara, dapil 3 mendapat 21.486 suara, dapil 4 mendapat 14.392 suara dan dapil 5 mendapat 22.962 suara.(IN)

KOMENTAR SEDULUR ISK :