Kronologi 5 Ekor Kambing di Piji Dawe Kudus Mati Terpanggang

oleh -157 kali dibaca
Foto : istimewa

Kudus, isknews.com – Lima ekor kambing di kandang milik Dedi, warga di Dukuh Kedopok, Desa Piji, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, pada Rabu (11/5/2022) tengah malam terbakar.

Sub koordinator Kedaruratan dan Logistik pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus Munaji menjelaskan kronologinya, penyebab kebakaran diketahui berasal dari api (pedian) gunua mengusir nyamuk.

“Api merembet ke pakan ternak, kondisinya kan kering nah langsung membakar kandang kambing ukuran7 x 3 meter yang terbuat dari bambu itu,” ujarnya.

Peristiwa awal kebakaran diketahui oleh tetangga korban yang kebetulan melintas di dekat kandang kambing tersebut.

“Saksi yang diketahui bernama Hendro itu kemudian meminta tolong warga, kemudian dipadamkanlah api itu secara manual dengan menggunakan ember dan peralatan lainnya,” ujarnya.

Ia mengatakan, total ada sebanyak enam ekor kambing di kandang. Saat kejadian, satu ekor kambing berhasil melompat keluar kandang. Nahas, lima ekor kambing hangus terpanggang di dalam kandang.

Akibat kejadian tersebut, korban diperkirakan mengalami kerugian lebih dari sepuluh juta rupiah.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus Rinardi Budiyanto mengimbau peternak untuk lebih berhati-hati saat membakar pediang. Peternak perlu memastikan pediang jauh dari benda-benda yang mudah terbakar. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :