Kudus Bersiap Jalankan Vaksinasi Anak, Kapan?

oleh -525 kali dibaca
Dokter di Kudus sebelum menyuntikkan vaksinasi covid-19 ke warga

Kudus, isknews.com – Seiring capaian vaksinasi pada kategori lanjut usia (lansia) di Kudus telah mencapai 59 persen, Pemkab Kudus bersiap untuk melaksanakan vaksinasi pada anak usia 6-11 tahun.

Sekretaris DKK Kudus dr Andini Aridewi menyebut jika Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Kudus kini tengah berkonsultasi ke Dinkes Provinsi Jawa Tengah terkait hal tersebut. Termasuk di antaranya berkonsultasi jenis vaksin apa yang disuntikkan.

“Dikarenakan lansia sudah tinggal satu persen, kami bersiap untuk jalankan vaksinasi pada anak. Tinggal menunggu arahan dari Dinkesprov, rencananya dilaksanakan mulai akhir tahun ini.” kata Sekretaris DKK Kudus dr Andini Aridewi, Senin (20/12/2021).

Sementara terkait jenis vaksin yang akan digunakan, Andini menyebut masih belum bisa mengonfirmasi secara pasti hal tersebut.

Pemerintah Kabupaten Kudus belum bisa menyelenggarakan vaksinasi anak usia 6 hingga 11 tahun karena terganjal capaian vaksin untul lanjut usia (lansia) belum mencapai 60 persen.

Berdasar Instruksi Menteri Dalam Negeri tentang pelaksanaan vaksinasi anak sendiri bisa dilakukan suatu daerah bilamana cakupan vaksinasinya telah mencapai 70 persen lebih secara umum. Serta mencapai 60 persen lebih untuk kategori lansia. Pemkab Kudus pun kini tengah berupaya meningkatkan capaian lansia tersebut ke 60 persen. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :