Kudus kembali raih Juara 1 Stand Terbaik, Pameran Buku dan Arsip se Jateng 2016

oleh -944 kali dibaca

image

Kudus kembali raih Juara 1 Stand Terbaik, Pameran Buku dan Arsip se Jateng 2016

Isknews.com, dus – Pameran Buku dan Arsip se Jateng 2016 telah usai di gelar 03 mei – 09 mei 2016 di Benteng Vastenburg Surakarta. Acara yang di ikuti 21 Stand dari Kabupaten dan kota di Jawa tengah itu di selenggarakan oleh Badan Arsip dan perpustakaan Jawa tengah.

Pameran perpustakaan dan arsip atau di sebut juga dengan Solo book Fair 2016 di buka langsung oleh Menteri Pendidikan Anis Baswedan dan hadir pula Duta Baca Indonesia yang juga presenter Metro TV Najwa Shihab.
image

Ada banyak acara dalam Solo Book Fair 2016. Diantaranya  lomba mewarnai, menggambar, dan menyanyi bagi anak PAUD/TK/SD se-Jawa Tengah. Ada juga Lomba Mading dan Pidato untuk anak SMA/MA/SMK se Jawa Tengah, dan ada lomba mendongeng untuk guru se Jawa Tengah. Tak lupa juga ada lomba fashion show untuk anak PAUD/TK/SD se Jawa Tengah dan juga pentas seni, bedah buku, serta seminar perpustakaan yang di ikuti pelajar dan mahasiswa.

Penilaiannya sendiri meliputi Materi yg ditampilkan (Perpustakaan dan Arsip), Penataan Stand, Guide/ Penjaga Stand, Tingkat apresiasi dan Jumlah pengunjung, Daya Tarik stand dan yang terakhir Kreativitas dan inovasi di setiap Daerah.
image

Kepala Kantor Perpustakaan dan arsip daerah (perpusarda) Kudus, Nanang Usdiarto MT saat di temui Isknews.com menjelaskan bahwa Stand Kudus tidak pernah sepi pengunjung karena ada daya tarik tersendiri yang ditampilkan. yaitu satu diantaranya adalah belajar dan menulis kaligrafi Al-qur’an yang di asuh langsung oleh Ashiri asal Desa undaan Lor Kudus, dan setelahnya pengunjung bisa membawa souvenir kaligrafi Al-qur’an.

Lanjut nanang, Di samping itu Stand kudus selain komunikatif, thema yang ditampilkan yaitu “Gusjigang menginpirasi kompetitif kudus” sangat mengundang penasaran pengunjung untuk datang karena ingin membaca buku buku yang ditampilkan dan foto/dokumen arsip kudus yang disajikan di stand.
image

Daya tarik ini membuat Bapak Menteri Pendidikan Anis Bawesdan dan duta baca Indonesia Najwa Shihab juga mengunjungi stand Kudus untuk melihat secara langsung bahkan pak menteri menulis secara langsung kaligrafi Al-qur’an.”imbuhnya.

Adapun hasil Pemenang Solo Book fair 2016 Kab. Kudus meraih juara 1 dengan nilai 2649, di susul Juara 2 Kab. Purworejo dengan nilai 2476 dan Kota Salatiga menempati juara ke 3 dengan nilai 2458.

Dengan demikian kab. Kudus menjadi juara berturut turut untuk yang ke tiga kali nya, tahun 2014 dan 2015 di selenggarakan di kota semarang, dan yang ke tiga nya di Solo ini.

Sesuai pesan Bupati Kudus H. Musthofa harus berusaha menjadi manusia yang kompetitif,  jangan pernah segan dengan membaca membaca dan membaca, untuk mengenal dunia.

Jika kita tidak menambah pengetahuan kita dengan membaca, maka otomatis kita akan menjadi bagian dari masa lampau.”Pungkasnya.(Jivan)

KOMENTAR SEDULUR ISK :