Kudus Kembali Raih Juara Umum II MAPSI se-Jateng, Ini Daftar Juaranya

oleh

Kudus, isknews.com – Perwakilan asal Kudus berhasil meraih juara beragam kategori pada lomba Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Seni Islam (MAPSI) yang diselenggarakan tiga hari yakni Jumat (3/11) hingga Minggu (5/11) lalu, di Sukoharjo, Jawa Tengah.

“Tahun ini Kabupaten Kudus berhasil menyabet juara umum peringkat II. Prestasi yang sama, seperti tahun lalu. Hanya terpaut sedikit dengan juara I. Namun, prestasi yang sangat membanggakan adalah bisa kembali meraih juara umum,” jelas Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kudus Joko Susilo.

Dikatakan Joko, lomba tersebut seleksi tingkat kabupaten kemudian maju ke provinsi, adapun tahun ini tidak ada lomba tingkat nasional. Peserta lomba Mapsi yang berhasil maju tingkat Provinsi Jawa Tengah ini merupakan pemenang atau juara tingkat kabupaten. “Kami berharap tahun depan Kudus bisa juara I. Persiapan harus jauh-jauh hari, jadi bibit-bibit dari siswa sudah mulai terasah,” ungkapnya.

TRENDING :  Lomba Sekolah Sehat Bakal Digelar Bulan Agustus Ini
Foto: Kudus Raih Juara Umum II MAPSI se-Jateng. (Dok. Isknews.com)

Dijelaskan, 16 cabang lomba diikuti Kudus dengan mengirimkan kontingen atau peserta sebanyak 36 siswa dan 13 pendamping. Lomba yang digelar antara lain, lomba cerdas cermat (LCC) pengetahuan PAI dan umum, gerakan bacaan salat fardu dan tartil Alquran (Gebsata), baca tulis Alquran (BTQ), cerita Islami, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), kaligrafi, cipta teks khitabah, adzan, mocopat, teknologi informasi komputer Islami, kewirausahaan, seni khat dan lainnya. Masing masing kategori nantinya diambil juara I, II dan III.

TRENDING :  Jamban SD Ini Dahulu Kumuh, Kini Wow...

Lomba Mapsi sebagai bagian dari evaluasi penerapan kurikulum dan keberhasilan pendidikan agama Islam. Tujuan lomba Mapsi ditekankan untuk penanaman nilai keislaman. Selain itu membentuk akhlaqul karimah dan budi pekerti. “Sangat bagus sebagai upaya untuk meningkatkan iman dan takwa. Mereka inilah generasi harapan bangsa,” imbuhnya.

Selain itu, peserta lomba juga didorong untuk meningkatkan kualitas diri berani tampil di depan. Khususnya untuk siswa SD ini sebagai dasar, apalagi yang dilombakan berkaitan dengan keislaman untuk peningkatan keimanan.

Perolehan Juara Mapsi Tingkat Jateng 2017 pada Cabang Lomba LCC PAI dan Umum Putri, meraih Juara II yang berasal dari SDIT Al Ahyar. Cabang Lomba BTQ Putra mendapat Juara II dari SD NU Nawa Kartika. Cabang Lomba BTQ Putri Juara I dari SD NU Nawa Kartika, Cabang Lomba Gebsata Putra, Juara II dari SD NU Nawa Kartika.

TRENDING :  Disdikbud Pati Ingatkan Pentingnya Tingkatkan Mutu Pendidikan

Kemudian Cabang Lomba Seni Khat Putra mendapat Juara II yang berasal dari SD IT Al Islam. Cabang Lomba Seni Khat Putri mendapat Juara I dari SD NU Nawa Kartika. Cabang Lomba Kaligrafi Putri mendapat Juara I dari SDN 2 Barongan. Cabang Lomba Kaligrafi Putra mendapat Juara III dari SDN 2 Barongan. Cabang Lomba Cipta Teks Khitabah mendapat Juara I dari SDN 4 Bulung Cangkring. (AJ)

KOMENTAR SEDULUR ISK :