Kurangi Beban Pasien, RSI Sunan Kudus Luncurkan Inovasi “ONTA” Antar Obat Gratis

oleh -490 kali dibaca

Kudus, isknews.com – RSI Sunan Kudus launching inovasi layanan Antar Obat (ONTA) Sampai Rumah gratis pada Senin (4/1/2021) pagi.

Direktur RSI Sunan Kudus dr Ahmad Syaifuddin mengatakan, Tujuannya adalah memudahkan para pasien yang berobat ke RSI Sunan Kudus untuk mendapatkan obatnya tanpa harus mengantri lama di apotek dan menghindari kerumunan, sehingga bisa menekan penularan Covid-19 di area rumah sakit.

“Dengan program ini, pasien tidak perlu mengantre lama di apotek. Kan kasihan, pasien sudah sakit, masih disuruh nunggu obat. Apalagi jika obatnya butuh peracikan tertentu yang makan waktu. Maka dengan program ini, setelah berobat, pasien bisa langsung pulang dan beristirahat. Obatnya diantar ke rumah mereka setelah disiapkan apoteker,” terang dr Ipul (sapaan akrabnya) yang juga Ketua ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kudus.

Ia menambahkan. Pasien tidak perlu menunggu gilirannya untuk mendapat obat. “Hanya cukup mendaftar di bagian administrasi apotek, menyerahkan alamat, lalu obat akan diantar ke alamat rumah pasien,” imbuhnya.

Sembilan tim pengantaran sudah disiapkan dan bisa dimanfaatkan mulai hari ini. Program layanan ONTA ini, lanjut dr Ipul, berlaku bagi pasien yang rumahnya berjarak 10 kilometer dari rumah sakit. Sedangkan jika lebih dari 10 kilometer dikenai biaya hanya Rp 5 ribu saja.

Sementara pihak RSI Sunan Kudus dalam menjalankan program ini menggandeng Karismaku Koperasinya RSI Sunan Kudus. Terkait layanan pengantaran ini, lanjut dr Ipul, dulu RSI Sunan Kudus sudah pernah ada dan kerjasama dengan pihak lain. Akan tetap sudah selesai masa promonya.

Ia menambahkan, pihaknya turut mengenalkan layanan pendaftaran online yang sudah ada lama sebelum ONTA, yakni via aplikasi RSI Sunan Kudus yang juga terkoneksi langsung dengan JKN Mobile nya BPJS, termasuk layanan rujukan dari dokter keluarga,

‘’Jadi tinggal daftar online, kemudian datang ke sini (RSI Sunan Kudus) waktunya sesuai yang didapat, klik barcode, ketemu dokternya, dan dari aplikasi ini pasien sudah bisa tahu antrian nomor berapa, yang dilayani sudah berapa orang,  keluar dari poli bisa langsung pulang, karena semua sudah diselesaikan di poli, dan bisa istirahat dirumah menunggu obat diantar,” pungkasnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :