Kwarcab Kudus Segera Tindaklanjuti Tiga Poin Hasil Rakerda 2022

oleh -117 kali dibaca

Jateng, isknews.com- Ketua Kwarcab Kudus, Mawar Anggraeni, mengikuti Rapat Kerja Daerah (Rakerda) tahap II Tahun 2022. Rapat dipimpin oleh Ketua Kwarda Jateng, Siti Atikoh Supriyanti, dan diikuti unsur pimpinan Kwartir Cabang se-Jawa Tengah.

Pertemuan tersebut digelar secara luring dan daring di Gedung Gradhika Bhakti Praja Semarang, (7/4/2022), dengan diawali penandatanganan perjanjian kerja sama antara Kwarda dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah. 

Terdapat tiga ruang lingkup yang mengisi perjanjian tersebut, diantaranya penyelenggaraan pendidikan kepramukaan pada gugus depan yang berbasis di satuan pendidikan formal, jenjang pendidikan menengah dan khusus.

Kedua, penyelenggaraan pendidikan pelatihan kepramukaan bagi pendidik dan tenaga kependidikan. Terakhir, pembinaan kepramukaan bagi peserta didik. Kerja sama tersebut diharapkan dapat diimplementasikan serta dapat berjalan sesuai target dengan didukung semua pihak. 

Momen tersebut dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan pramuka peduli award dan penghargaan duta perubahan perilaku kepada Kwarcab Purbalingga, Kota Semarang, Banyumas.    

Sementara untuk kategori event, peringkat satu Kwarcab Kota Semarang lewat aksi renovasi 20 rumah, Sukoharjo lewat aksi vaksinasi, dan Rembang lewat aksi peduli pandemi. Kemudian untuk Kwarcab Blora mendapat satu unit sepeda motor dari Kwarnas sebagai Kwartir Cabang pertama yang memenuhi jumlah minimum duta perubahan perilaku. 

Siti Atikoh sangat mengapresiasi kinerja seluruh Kwarcab pada tahun 2021. Dengan prestasi-prestasi yang telah dicapai diharapkan dapat dipertahankan. Hal itu sekaligus menjadi motivasi bagi Kwarcab lainnya untuk meningkatkan semangat dalam kegiatan kepramukaan. 
“Karena selama pandemi, teman-teman kinerjanya luar biasa sekali dan prestasi yang telah diraih ini bisa menjadi motivasi Kwarcab yang lain agar lebih bersemangat,” pesannya. 

Sebelum memulai rapat, Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Hukum Heru Djatmiko, menyampaikan kesimpulan umum Rakerda Tahap Pertama yang dilaksanakan 5 Februari Tahun 2022. Kwarda Jawa Tengah telah menyampaikan kegiatan tahun 2021 beserta hasil evaluasinya. Kwarcab diharapkan siap mendukung Rencana Kegiatan Kwarda Jawa Tengah tahun 2022. Kwarda Jateng akan menerbitkan pedoman dan surat edaran kegiatan-kegiatan Kwarda tahun 2022.
“Berdasarkan hasil rapat kerja daerah yang pertama, 5 Februari lalu. Kami menyampaikan beberapa poin yang menjadi kesimpulan umum,” tuturnya. 

Setelah melalui proses tanya jawab dan diskusi bersama, Sekretaris Kwarda Agus Widiyanto, menyampaikan hasil Rakerda tahap II yang telah disetujui bersama agar menjadi perhatian Kwarcab.

Diantaranya, Kwarcab se-Jawa Tengah untuk siap mengikuti Jamnas Ke XI Tahun 2022 sesuai ketentuan yang diatur oleh Kwartir Nasional dan Persari (Perkemahan Siaga Satu Hari) Kwarda Jawa Tengah dilaksanakan secara luring pada tanggal 4 Juni 2022 bertempat Yonkav Ambarawa, diikuti peserta barung tergiat I, Il, dan III Putra Puri juara masing-masing Binwil. 
“Nama-nama peserta Jamnas Ke XI Tahun 2022 sudah harus diterima Pinkonda Jawa Tengah tanggal 30 April 2022. Seleksi petugas pengibar bendera di Jamnas tahun 2022 akan dilakukan pada tanggal 12 April 2022. Diharapkan Nama-nama calon peserta seleksi diterima pada tanggal 10 April 2022,” jelasnya. 

Usai mengikuti Rakerda, Ketua Kwarcab Kudus, Mawar Anggraeni mengungkapkan, banyak hal yang dibahas dalam rapat tersebut yang perlu segera ditindaklanjuti. Maka dari itu, dirinya akan membahas poin-poin hasil rakerda kedalam forum di tingkat Kwartir Cabang. 
“Banyak program maupun kegiatan yang perlu dipersiapkan. Tentunya hasil dari rapat ini akan kami tindaklanjuti dalam forum atau pertemuan Kwarcab Kudus,” ungkapnya. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :