Lagi, Bea Cukai Kudus Gagalkan Peredaran Rokok Ilegal melalui E-commerce

oleh -209 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Petugas Bea Cukai Kudus berhasil gagalkan peredaran rokok ilegal hasil analisa terhadap E-Commerce.

Analisa dilakukan sebagai upaya memutus peredaran barang kena cukai ilegal berupa rokok yang tidak memenuhi ketentuan undang-undang cukai.

Dwi Prasetyo Rini, Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi pada Bea Cukai Kudus mengatakan, sebelumnya dalam rangka pelaksanaan Operasi Rokok Ilegal, Tim Bea Cukai Kudus melakukan analisa terhadap e-commerce, didapati kesimpulan bahwa pada hari Sabtu, 05 Maret 2022 akan ada pengiriman rokok ilegal dari Jepara melalui jasa kiriman.


Atas hasil analisa tersebut, lanjut Rini, Tim Bea Cukai Kudus melakukan pengamatan terhadap jasa kiriman yang akan digunakan untuk mengirimkan rokok ilegal. Sekitar pukul 16.15 WIB, Tim melakukan pemeriksaan paket di gudang Jasa Pengiriman.

“Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap beberapa paket yang dicurigai, kedapatan berisi rokok ilegal jenis SKT dan SKM, tanpa dilekati pita cukai dan sebagian menggunakan pita cukai palsu. Kemudian tim segera melakukan penindakan terhadap paket tersebut,” terangnya.

Dia membeberkan, Total barang bukti yang berhasil diamankan sebanyak 255 Paket, dengan total 179.120 batang rokok ilegal. Nilai barang diperkirakan bernilai Rp 204.120.600,00 dengan potensi penerimaan negara yang berhasil diamankan adalah Rp 136.730.155,00.

“Rokok merupakan barang kena cukai, pada saat pemasarannya harus telah dilekati pita cukai asli. Dalam penindakan di atas ditemukan rokok yang akan dikirim tidak dilekati pita cukai dan sebagian menggunakan pita cukai palsu. Hal ini melanggar ketentuan di bidang cukai,” tutup Rini. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :