Latih Hidup Bermasyarakat, Pramuka SMAN 1 Mejobo Bakti Lingkungan dan Penanaman Pohon

oleh -208 kali dibaca
Pramuka SMAN 1 Mejobo saat foto bareng di depan Balai desa Jojo, Kecamatan Mejobo, Kudus. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Kudus, isknews.com – Dalam rangka KKN Kelas XII “Mantia Go Public” dan memperingati hari pohon sedunia yang diperingati setiap 21 November, Pramuka SMAN 1 Mejobo mengadakan bakti lingkungan dan penanaman pohon.

Indah, Pembina Pramuka di sekolah tersebut mengatakan bahwa kegiatan tersebut diikuti siswa kelas XII sebagai tugas akhir mereka, “Sebanyak 360 siswa-siswi kelas XII dilatih mengembangkan jiwa sosial dengan terjun langsung ke masyarakat. Hal itu untuk melatih  kesiapan mereka setelah lulus nantinya,” terangnya.

Seperti yang terjadi pada Senin (22/11/2021) sore, di Desa Jojo Kecamatan Mejobo, Kudus.

Mereka berkelompok dengan mengunjungi salah satu tempat (Desa), ada yang membersihkan di lokasi Mushola, RT dan sepanjang jalan di sekitar Balai Desa.

Kegiatan tersebut, kata Indah, juga menggandeng organisasi kepemudaan Karang Taruna dan GP Anshor setempat. Selain di Desa Jojo, ada juga yang melaksanakan di Desa Jepang, Mejobo dan Instansi Koramil Mejobo.

Sebelum berkegiatan, mereka harus mencari sendiri tempat untuk digunakan bakti lingkungan, agar melatih kemandirian dan tanggung jawab.

Tahun-tahun sebelumnya, saat sebelum pandemi piahk sekolah mengadakan kemah blok di luar kota, waktu itu di Pantai di Jepara. “Jadi tahun ini kita alihkan kegiatannya, dengan bina lingkungan tersebut,” papar guru Matematika itu.

Kemah Blok sendiri, lanjut Indah, yakni kemah yang diikuti kelas XII dengan kegiatannya berkumpul di satu kegiatan itu. Kemah Blok dikhususkan kelas XII karena memenuhi untuk memenuhi tugas akhir siswa. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :