LazisNU Kudus Fasilitasi Layanan Kesehatan Gratis, Warga Semliro Rahtawu Antusias

oleh -401 kali dibaca
LazisNU Kudus Fasilitasi Layanan Kesehatan Gratis, Warga Semliro Rahtawu Antusias. (Foto: istimewa)

Kudus, isknews.com – Masih dalam rangkaian  kegiatan memperingati hari lahir ke-98 Nahdhatul Ulama (NU), Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah Nahdlatul Ulama (NU Care – LazisNU) Kudus mengadakan Layanan Kesehatan Gratis (LKG) lanjutan bersama Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) dan relawan LPBI, NU Care – LazisNU di halaman Masjid Baiturrohman, Semliro, Desa Rahtawu, Gebog Kudus, Minggu (21/3/2021).

Ketua NU Care-LazisNU Kudus, Ihdi Fahmi Tamami menjelaskan, Sebagai wujud giat sosial NU di bidang kesehatan dan menindaklanjuti program dari MWC Kecamatan Gebog, Pihaknya, melalui Layanan Kesehatan Gratis (LKG) ingin memfasilitasi warga yang ingin memeriksakan kesehatannya.

Pemeriksaan kesehatan gratis oleh NU Care Lazisnu Kudus.

Di LKG ini, lanjut Fahmi, warga bisa memeriksakan kesehatannya secara gratis. Mulai dari pemeriksaan kadar gula, kolesterol, darah, pengobatan, dan evaluasi anak-anak stunting atau kurang gizi.

“Antusias yang tinggi menambah semangat para tenaga medis dalam memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi warga sekitar dukuh Semliro. Ini salah satu wujud giat sosial NU di bidang kesehatan,” kata Fahmi.

Sebelumnya, LKG sudah digelar di berbagai wilayah di Kabupaten Kudus. Wilayah-wilayah yang sudah disambangi LKG antara lain di Desa Kramat (Kota), Desa Purworejo (Bae), Desa Payaman (Mejobo), Desa Bulungcangkring (Jekulo), Desa Jetis dan Desa Jati Wetan (Jati). Selain itu, juga di Desa Karangampel (Kaliwungu), Desa Klumpit (Gebog), Desa Karangrowo (Undaan), Desa Lau dan Desa Cranggang (Dawe).

“Saat kegiatan berlangsung, kami tidak membeda-bedakan latar belakang warga yang datang. Mereka warga nahdliyin atau bukan, tetap kami layani. Ini adalah kegiatan kemanusiaan. Ini menjadi bukti nyata perjuangan NU, tidak sekadar di ranah keagamaan, juga kebangsaan,” terang Fahmi.  

Sementara dari beberapa titik pelaksanaan LKG, ada yang menarik, yakni di Desa Cranggang (Dawe), yakni petugas kesehatan dari LKNU sampai berkunjung ke rumah dua warga karena kondisinya tidak memungkinkan untuk datang di tempat digelarnya LKG. “Kita sambangi rumah warga yang karena kondisi akses jalan dan jauhnya dari kegiatan LKG tersebut,” paparnya.

Ditambahkan Fahmi, Pengabdian NU dalam bidang sosial akan terus berlanjut dengan semakin banyaknya permohonan untuk kegiatan LKG.

 “Kita butuh perbaikan kesehatan dan akan terus berlanjut untuk memberikan kemanfaatan,” pungkasnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :