Lebih Jauh soal Roti Gembong, Roti Jadul Populer di Kudus

oleh -366 kali dibaca
Karyawan outlet Roti Gembong Kotaraja di Jalan Hos Cokroaminoto No.30 A Kudus sedang men unjukkan roti hasil buatannya, (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Kudus, isknews.com – Roti gembong telah populer di Kudus beberapa bulan terakhir. Sekilas roti gembong memiliki mirip seperti roti sobek baik dari segi tekstur maupun rasanya.  Kendati demikian, Sudirwanto atau akrab disapa Irwan, Supervisor dari Roti Gembong Kotaraja Kudus menjelaskan bahwa roti gembong dan roti sobek berbeda.

Menurut Irwan, rasa roti gembong memiliki ciri khas tersendiri. “Mirip roti sobek tapi rasanya punya ciri khas gitu,” kata Irwan saat ditemui isknews.com di outletnya di Jalan Hos Cokroaminoto No.30 A Kudus, Jumat (4/3/2022).

Roti gembong sebenarnya berasal dari Kalimantan adalah roti zaman dulu yang berasal dari Kutai, Kartanegara, Kalimantan Timur.

“Sebenarnya roti gembong itu dari Kalimantan aslinya, dari Kutai. Itu roti tradisional zaman dulu, kalau enggak salah dulu itu kerajaan atau budaya sana itu makannya roti ya,” terang Irwan.

Menurut penuturannya, Bagi masyarakat Kutai, roti gembong barangkali sudah biasa dikonsumsi. Namun demikian pada zaman dahulu roti gembong justru hanya dapat dinikmati oleh bangsawan. “Dulu yang kerajaan itu, karena mungkin roti juga dari luar, nah pastikan yang menikmati juga orang-orang kaya. Nah itu, jadi bangsawan itu seperti itu, jadi enggak semua orang bisa menikmati roti,” ujar Irwan.

“Tapi mungkin karena memang aslinya roti gembong dari sana, akhirnya semua orang jadi bisa menikmatinya,” tambahnya.

Sementara itu, di Kudus sendiri roti gembong termasuk produk baru. Namun berkat tekstur dan rasanya enak serta harganya murah roti khas Kutai ini bisa diterima oleh masyarakat Kudus.  “Kalau di Kudus memang baru. Masyarakat Kudus melihat ini sesuatu yang unik yang bisa dilihat, dan memang baru ini. Tapi karena teksturnya empuk, rasanya enak, terus harganya murah, jadi ya pada suka,” papar Irwan.

Di outlet Roti Gembong Kotaraja Kudus sudah berdiri dari Oktober 2021 tahun lalu, buka dari pukul 07.00 pagi hingga 21.00 malam dan beberapa bulan ini, Irwan mengaku penjualannya lumayan,

“Alhamdulillah, mungkin sudah banyak yang mengenal dan gencar promosinya jadi masyarakat sudah pada tahu,” paparnya.

Promosinya melalui instagram @rotigembongkotaraja, dimana banyak promo dan pihaknya sesekali mengadakan giveaway.

“Promonya ada beli 2 gratis 1, atau yang baru kemarin ada promo sarapan tanggal 1 dan 2 maret,” ujarnya.

Selain roti gembong, pihaknya juga menjual varian Muffin cokelat sama vanilla, bolu lapis.

Roti gembong kota raja sudah ada di Pati dan Kudus, rencananya membuka di Demak dan Semarang juga. (AS/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :