Lembaga Amil Zakat Kudus Gelar Rakor Konsolidasi dan Sinergitas

oleh

Kudus, isknews.com – Lembaga Amil Zakat (LAZ) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kudus mengadakan kegiatan rakor pembinaan lembaga pengelola zakat di Aula Kemenag, Kamis (17/6/2020).

Lembaga pengelola zakat tersebut diantaranya Lazisnu, Lazismu, Izi, Lazis BMH, Lazis Yatim Mandiri, Lazis Arwaniyah dan Baitul Mal FKAM.

Penyelenggara Zakat Wakaf, Asrul Fatkhi mengatakan perlu ada sinkronisasi dan konsolidasi antara Lembaga Amil Zakat (LAZ) dengan Kantor Kementerian Agama karena nantinya akan menghasilkan kerjasama yang kontruktif dan produktif sehingga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mempercepat program pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan.

“Program dalam suatu lembaga adalah sangat penting karena untuk mengukur bagaimana pengelolaan kedepan agar lebih terarah dalam suatu persepsi dan tepat sasaran.” ungkap Asrul Fatkhi.

Lembaga Amil Zakat (LAZ) sudah semestinya menjalin dan bersinergi karena memiliki tujuan yang sama yaitu menghimpun, mengolah serta menyalurkan zakat dan shodaqoh dari wajib zakat (muzzaki) kepada penerima zakat (mustahiq). Dengan sinergi diharapkan bias maksimal memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.

Tujuan rapat koordinasi ini untuk membahas kepengurusan FOZ (Forum Organisasi Zakat ) dan penyampaian program program di masing-masing LAZ.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kudus, Akhmad Mundakir sangat mengapresiasi kegiatan ini. Dikatakanya, Kemenag harus terus bersinergi dengan Baznas dan LAZ dalam pembinaan zakat agar terbinanya lembaga pengelolaan zakat yang professional dan tersedianya data yang akurat untuk ankutabilitas kerja.

“Diharapkan Lembaga Amil Zakat (LAZ) mampu mengurus dana zakat dan melaporkan secara berkala , mendistribusikanya sesuai yang diperuntukan dan diharapkan tepat guna dan tepat sasaran bagi masyarakat penerima bantuan dana zakat.” harap Akhmad Mundakir
Rakor di akhiri dengan membahas kepengurusan Forum Organisasi Zakat (FOZ) dan penyampaian program program di masing-masing LAZ. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :