Lewat Kampung Loungshie, ‘Muria Indah Go Green’ Ajak Warga Peduli Lingkungan

oleh -1,439 kali dibaca
Foto : Istimewa

Kudus, ISKNEWS.COM – Penggerak lingkungan di Perumahan Muria Indah, Desa Gondangmanis, Kecamatan Bae ‘Muria Indah Go Green’ (MI2G) mengajak warga untuk lebih peduli dan mencintai lingkungan.

MI2G mempunyai kampung yang dinamai ‘Kampung Loungshie’. Hal itu untuk menuju kampung mandiri pangan. Salah satunya dengan cara menstabilkan keberadaan Kampung Loungshie yang sudah ada sejak awal tahun 2019 kemarin.

“Kampung Loungsie memiliki arti Kampung dengan Lorong, Sehat, Hijau, dan Indah. Yang diwujudkan dalam giat bersama penanaman sayur mayur, perikanan, tumbuhan bunga, pembuatan biopori, pengelolaan sampah, serta pengomposan,” kata Ahmad Munaji, Penggerak Program Kampung Iklim di wilayah setempat kepada awak media.

Munaji berharap wilayahnya (17 RT dan lebih dari 40 gang) bisa mewujudkan kampung mandiri pangan. Dimana, warga bisa memanfaatkan tumbuhan yang mereka tanam di pekarangan dan gang-gang kampung untuk kebutuhan sehari-hari.

Inovasi lain yang telah diluncurkan pada September 2019 silam adalah adanya Pasar Santic atau Sunday Morning Reduce Plastik.

Beberapa penghargaan telah disabet, diantaranya Sertifikat Proklim Kategori Utama dari Kementerian KLHK, Penghargaan Juara 2 Tingkat Jawa Tengah dalam Lomba Inovasi Daur Ulang Limbah Plastik, dan Penghargaan sebagai IKM (Industri Kecil Menengah) Terbaik 3 se Kabupaten Kudus dalam Kegiatan KUDUS EXPO 2019. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :