Lewat Sikepangdua, Warga Kudus Bisa Pantau Data 11 Bahan Pangan Terintegrasi

oleh -413 kali dibaca
Kepala Bidang Ketahanan Pangan, Ari Mulyani Mustikaningtyas saat menunjukkan website sikepangdua.kuduskab.go.id (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Kudus, isknews.com – Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan pangan) Kabupaten Kudus pada Rabu (5/5/2021) telah melaunching program Sikepangdua atau aplikasi Sistem Informasi Ketahanan Pangan Data Satu untuk Semua. Program Sikepangdua tersaji dalam website sikepangdua.kuduskab.go.id

Kepala Dispertan pangan Kudus, Catur Sulistiyanto melalui Kepala Bidang Ketahanan Pangan, Ari Mulyani Mustikaningtyas mengatakan, Hal itu sebagai upaya untuk menyediakan data ketahanan pangan terintegrasi untuk 11 bahan pangan strategis untuk masyarakat.

11 komoditas pokok tersebut diantaranya, jagung, beras, telur ayam, bawang merah, bawang putih, cabai merah, gula merah, gula pasir, kedelai, daging ayam dan sapi dan minyak goreng,

Ia mengakui jika ketahanan pangan tidak bisa berdiri sendiri, karena didukung oleh perangkat daerah, “Ketahanan pangan ada 3 pokok tersistem, yani Ketersediaan, Distribusi dan Konsumsi, jadi kita ingin mengumpukan data tersistem dan terintegrasi, warga tinggal buka di website,” bebernya.

Adanya program Sikepangdua, lanjut Ari, sebagai upaya keterbukaan informasi terkait pelaksanaan bidang pangan. Sehingga menumbuhkan kepercayaan masyarakat tentang pelayanan pemerintah daerah.  

Program ini juga untuk keterpaduan data di Dinas Pertanian dan Pangan, Dinas Perdagangan, Dinas Kesehatan. Dinas PUPR, Dinas Kominfo, Bagian Perekonomian dan Dinas Perhubungan.

Supaya bisa terus update dari waktu ke waktu, data tersebut diolah dan disatukan, pembaharuan data sendiri, dilakukan sekali dalam sepekan yakni di hari Kamis.

Dalam launching tersebut, hadir pula Kepala Bidang Peternakan Agus Setiawan, Kepala Bidang Tanaman Pangan Perkebunan Dewi Masitoh dan Kepala Bidang Perikanan Wahyudi. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :