Libatkan 130 Perusahaan, BPJS Ketenagakerjaan Sosialisasi Program & Tertib Administrasi

oleh -1,040 kali dibaca
Jpeg
Jpeg
BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kudus, Jateng saat kegiatan sosialisasi manfaat Program & Tertib Administrasi di Hotel @Hom Kudus

 

Kudus, Isknews.com – Sebanyak 130 peserta dari perwakilan perusahaan di Kota Kudus Jawa tengah (Jateng) mengikuti sosialisasi yang menginformasikan mengenai manfaat program BPJS Ketenagakerjaan dan tertib administrasi di Hotel @Hom Kudus.

Teguh Wiyono Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kudus saat di Wawancarai Isknews.com mengatakan bahwa acara sosialisasi ini menjelaskan manfaat program BPJS Ketenagakerjaan dan tertib administrasi. Pimpinan atau personalia perusahaan diharapkan menginformasikan manfaat program BPJS Ketenagakerjaan kepada tenaga kerjanya, sehingga pekerja mengetahui bahwasanya mereka telah mendapatkan jaminan sosial di BPJS Ketenagakerjaan. BPJS ketenagakerjaan memiliki 4 program yang terdiri dari : Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun.

Jpeg
Teguh Wiyono Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kudus

 

Lebih lanjut teguh menambahkan “Jaminan kecelakaan kerja (JKK) pengcoverannya mulai dari perjalanan ke tempat kerja,di tempat kerja sampai dengan perjalanan pulang dari tempat kerja ke rumah. Pengobatan dan perawatan medis akibat kasus kecelakaan kerja dicover sesuai kebutuhan medis sampai sembuh. Manfaat Jaminan kematian di BPJS Ketenagakerjaan berupa santunan 24 Juta kepada ahli waris. Selain itu terdapat manfaat tambahan bagi peserta yang mengalami kasus kematian dan telah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan minimal 5 tahun, manfaat tambahan tersebut berupa beasiswa langsung kepada satu orang anak sebesar 12juta rupiah .”tandas nya.

“Sedangkan Manfaat Jaminan hari tua adalah manfaat BPJS Ketenagakerjaan berupa tabungan ditambah dengan hasil pengembangan, kemudian manfaat Jaminan Pensiun adalah manfaat yang diberikan kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan yang telah berhenti bekerja dan mencapai usia pensiun yaitu usia 56 tahun. Pemberian manfaat tersebut dapat diberikan secara berkala ataupun sekaligus. Pemberian secara berkala dapat dilakukan dengan syarat peserta BPJS Ketenagakerjaan yang memasuki usia pensiun telah melakukan pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan minimal selama 15 tahun. Pemberian manfaat pensiun berkala untuk tahun 2016 ini , terendah di Rp. 310.050 dan tertinggi di RP. 3.720.600 imbuhnya.

“Kenapa diadakan tertib administrasi, karena jika ada pembayaran iuran nya terlambat, atau gajinya tidak sesuai maka akan terkena perundang undangan, dan sanksi berat nya akan memberhentikan pelayanan nya, Perusahaan yang ikut seminar saat ini diharapkan tertib administrasi, karena jika ada pelayanan nya akan dihentikan, dan hasil dari pengembangan hari tua nya akan lebih optimal”Pungkasnya (AS)

KOMENTAR SEDULUR ISK :