Lomba Desa dan Kelurahan di Langgardalem, Dinas PMD : Lancar dan Taat Protokol Kesehatan

oleh -135 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Tim Penilai Lomba Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan Kabupaten Kudus menyambangi Desa Langgardalem, Kecamatan Kota, Selasa (15/03/2022).

Kegiatan kunjungan lapangan ini merupakan lanjutan dari serangkaian lomba desa dan kelurahan. Dimana, sebelumnya telah dilakukan penilaian administrasi di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kudus.

Dari pantauan di lapangan, Pemerintahan Desa (Pemdes) Langgardalem telah mematuhi petunjuk pelaksanaan (juklak). Diantaranya, dilakukan secara sederhana dan tidak ada kegiatan seremonial yang mengundang banyak kerumunan.

Disamping itu, penerapan protokol kesehatan Covid-19 juga dilakukan dengan baik. Dimana, dilakukan pengecekan suhu tubuh dan memakai masker selama acara berlangsung.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Kudus, Adi Sadhono memberikan apresiasi kepada Pemdes Langgardalem yang telah melangsungkan kegiatan dengan aman dan tertib.

Pihaknya juga menyampaikan bahwa perlombaan ini tidak dijadikan sebagai tolok ukur menang dan kalah saja. Melainkan sebagai bentuk evaluasi pengembangan desa yang bisa memberikan masukan untuk kemajuan di wilayah tersebut.

“Karena ini hanya sebagai masukan, jangan dilihat sebagai penilaian hanya juara menang atau kalah. Tapi masukan dari beberapa tingkat kabupaten yang menilai bisa memberikan masukan bisa ditindaklanjuti oleh desa,” ujarnya.

Salah satu Tim Penilai dari Dinas PMD, Haryuni Fitrianingrum, menambahkan, kegiatan pemaparan serta kunjungan lapangan di Desa Langgardalem berlansung dengan cukup bagus. Meskipun kesiapan yang dilakukan oleh pemdes dinilai belum cukup maksimal.

“Mungkin karena di sini juga sedang menyiapkan pilkades juga, jadi fokusnya terbagi. Memang dari tadi seluruh tim kekurangannya di data dukung,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Desa Langgardalem, Moh. Maftukhan, mengaku sempat mengalami kendala karena bersamaan dengan pelangsungan Pilkades di Desa Langgardalem.

Namun, hal itu bisa diatasi oleh kinerja yang baik oleh perangkat desa. Sehingga, pelaksanaan lomba desa di Desa Langgardalem bisa dilakukan dengan lancar dan tertib.

“Harapannya ini bisa menjadi untuk kedepannya lebih baik lagi demi dan untuk warga Langgardalem dan tentunya untuk pemdes,” pungkasnya. (MY/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :