Lomba Makanan Sehat Meriahkan HUT RI di Janggalan Kudus

oleh -559 kali dibaca
Tim dari RT 1 RW 2 Desa Janggalan Kudus saat menunjukkan hasil karya makanan sehat rolade ikan tenggiri dan Puding Telo Ungu.

Kudus, isknews.com – Dalam rangka memperingati HUT RI ke-76, Pemerintah Desa Janggalan mengadakan lomba ndamel (buat) jajanan sehat, Senin (16/8/2021) siang.

Kepala Desa Janggalan Noor Azis menjelaskan bahwa kegiatan tersebut diikuti 13 tim dan masing-masing tim 2 orang. Di Janggalan sendiri ada 2 RW, RW 1 berjumlah 6 RT dan RW 2 berjumlah 7 RT.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk membiasakan hidup sehat dimulai dari makanan yang sehat, sekaligus efeknya bisa menumbuhkan income dari ibu-ibu peserta.

“Harapannya dengan adanya kegiatan ini, akan muncul lebih banyak masakan sehat yang kreatif layak jual, berkualitas dan harga bersaing sehingga menumbuhkan perekonomian kerakyatan yang riil bagi warga, khususnya ibu-ibu (terutama yang terkena dampak pandemi),” terangnya.

Adapun Penilaiannya, lanjut Azis, meliputi kreatifitas, rasa, tampilan dan kandungan gizi. Dengan juri dari Tim penilai ketua TP PKK Desa Janggalan, Ketua Pokdarwis Desa Janggalan, Kepala Desa Janggalan dan Ahli Gizi. Untuk pengumuman juaranya dilaksanakan saat malam tirakatan kemerdekaan, malam 17 Agustus 2021.

Mereka harus mentaati syarat dan ketentuan lomba, “Diantaranya menu masakan dari bahan telur, ikan, ketela, wortel, sawi, cabe, kentang dan buncis. Budget anggaran maksimal Rp150 ribu, pengolahan makanan tidak boleh di goreng, akan tetapi boleh di kukus dan di oven.

Proses pengolahan dan playing makanan di rumah masing-masing (saat memasak disuruh membuat video maksimal 2 menit) dan yang mengantar kreasi masakan maksimal 2 orang perwakilan

Harus mengandung protein hewani dan nabati, menggunakan karbohidrat selain tepung terigu dan beras atau ketan, Dapat dijual dengan harga 2.000, sayuran, karbohidrat non beras dan non tepung terigu.

Sementara itu, Renni sebagai juri lomba menjelaskan, dalam acara ini, semua peserta harus membuat makanan sehat yang tidak mengandung minyak dan bahan pengawet. “Untuk semua kreasi yang dibuat oleh peserta, tidak ditemukan bahan pengawet dan minyak,” terangnya.

Wanita yang juga sebagai Ketua Pokdarwis Desa Janggalan itu menambahkan, ke depannya setelah lomba ini, hasil masakan peserta yang menjadi juara, akan dipromosikan sebagai makanan sehat Desa Wisata Janggalan.

“Tadi, kreasi masakan para peserta sangat variatif sekali. Ada yang membuat sushi ketela, gelatin ikan tuna, puding telo ungu, rolade kentang, dan masih banyak kreasi lainya,” ujarnya.

Sementara Lutfiatun niswa, dari RT 1 RW 2 mengatakan jika timnya membuat rolade ikan tenggiri dan Puding Telo Ungu. Menurutnya kegiatan bagus sekali dan bisa menambah kreatifitas warga. Ia berharap bisa diadakan setiap tahunnya.

“Bagus sekali kegiatannya, bisa memberikan semangat berkreasi sebagaimana semangatnya pahlawan kemerdekaan. Harapanku semoga kegiatan ini diadakan setiap tahunnya,” pintanya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :