Lomba Mewarnai, Poster dan Tari Kreasi Meriahkan Hari Anak Nasional di Kudus

oleh -1,375 kali dibaca

Kudus, ISKNEWS.COM – Kemeriahan hari anak nasional (HAN) di Kudus digelar lomba mewarnai bagi Siswa Taman Kanak-kanak (TK), pentas seni tari kreasi untuk Sekolah Dasar (SD) dan lomba Poster untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Lomba berlangsung di Lokasi Taman Krida, Komplek GOR wergu Wetan Kudus, Kamis (25/7/2019), dengan mengambil tema “Kita tingkatkan kualitas keluarga penopang perlindungan anak dengan melibatkan forum anak sebagai pelopor dan pelapor”.

Bambang Widiharto, Kasi Perlindungan Anak pada Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AP2KB) Kudus berharap dengan adanya lomba mewarnai dan menggambar tersebut dapat meningkatkan kreativitas dan imajinasi para siswa siswi.

Dalam kegiatan ini, pihaknya juga menggandeng Forum Anak Kudus, dimana dari persiapan hingga acara di bantu forum anak Kudus.

Pihaknya mengungkapkan, latar belakang pelaksanaan peringatan HAN ini merupakan momentum untuk terus berupaya meningkatkan sekaligus mengajak seluruh komponen bangsa Indonesia untuk melaksanakan kewajiban dan tanggung jawabnya sesuai dengan UU No. 35 Tahun 2014 tentang perlindungan anak kesejahteraan dan keputusan Presiden RI.

“Keputusan Presiden RI Nomor 44 tahun 1984 telah ditetapkan setiap tanggal 23 Juli sebagai Hari Anak Nasional dan setiap tahun dirayakan di masing-masing Kabupaten,” ungkapnya.

Kegiatan ini bertujuan menumbuhkan kepedulian kesadaran dan peran aktif setiap individu, keluarga, masyarakat media, pemerintah dan negara dalam menciptakan lingkungan yang berkualitas.

“Serta memberikan perhatian dan informasi seluas-luasnya kepada seluruh anak dan keluarga tentang pentingnya membangun karakter anak melalui peningkatan pengasuhan keluarga guna mempercepat penanaman nilai-nilai kebangsaan,” ujarnya.

Dikatakan Bambang, Ini merupakan momentum yang sangat penting. Keberadaan anak harus mendapat perhatian sejak usia dini agar mereka mampu berperan sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai Anak Indonesia.

“Peringatan HAN tahun 2019 merupakan peringatan untuk menyadari bahwa anak dalah potensi generasi muda yang memiliki peran strategis untuk menjamin kelangsungan eksistensi bangsa dan negara di masa depan” ungkapnya.

Pihaknya berpesan kepada orang tua untuk mendidik anak-anaknya agar mereka mencintai Bangsanya, Negerinya dan Tanah Airnya, Guru dan Pemimpin-pemimpinnya serta sayang kepada orang tua dan lingkungannya. Berikan pula pencerahan, keteladanan, bimbingan terbaik agar dapat hidup rukun, dan sayang kepada teman-temannya.

“Bangsa ini menjadi kuat, maju dan berhasil manakala kita semua rukun dan bersatu, berikan contoh kepada anak-anak kita sejak dini untuk rukun dan bersatu agar tercipta lingkungan yang kondusif, di mulai dari dalam keluarga karena keluarga adalah lembaga pertama dan utama yang menciptakan anak Gesit, Empati, beraNi, Unggul dan Sehat atau GENIUS” ucapnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :