Lomba PHBS, Upaya Tingkatkan Kesadaran Masyarakat akan Budaya Hidup Sehat

oleh -327 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat Kabupaten Kudus memasuki tahap penilaian administrasi. Sebagai bagian dari program kerja PKK, PHBS selalu digiatkan demi meningkatkan kesadaran masyarakat akan budaya hidup sehat. Hal tersebut disampaikan dalam sambutan Ketua TP PKK Kabupaten Kudus, Mawar Hartopo pada penilaian administrasi PHBS secara daring di Ruang PKK Gedung Setda, Rabu (8/9/2021).

Lomba diikuti oleh TP PKK Desa perwakilan dari masing-masing Kecamatan. Mekanisme Penilaian Lomba PHBS tatanan rumah tangga tingkat Kabupaten di laksanakan 3 tahap. Yakni Tahap Pengumpulan Laporan, tahap klarifikasi hasil penilaian laporan PHBS serta yang terakhir Tahap Visitasi dan Observasi Kunjungan Lapangan di enam desa terbaik. 

Garis besar PHBS merupakan program yang bertujuan memberikan pengalaman belajar masyarakat dengan membuka jalur komunikasi dan edukasi. Mawar Hartopo mengatakan, untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku masyarakat berperilaku hidup memang perlu dibiasakan dan membutuhkan waktu 
“PHBS pada dasarnya untuk menggiring masyarakat agar mau dan mampu melaksanakan budaya hidup sehat setiap hari. Kami dari PKK mendorong keluarga lewat upaya promotif dan preventif,” ujarnya. 

Lomba PHBS dilaksanakan setiap tahun dalam rangkaian kegiatan HKG PKK KK-BPK Kesehatan. Salah satunya tujuannya ialah memberdayakan keluarga agar tahu dan mampu melaksanakan PHBS dan berperan aktif dalam upaya Promotif dan Preventif. Maka dari itu, kegiatan dilaksanakan untuk mengapresiasi dan motivasi Kepada Desa pelaksana terbaik PHBS di tatanan Rumah tangga.

“Semoga pada tahap ini terpilih enam desa terbaik untuk dilanjutkan ke tahap visitasi atau tinjauan lapangan. Mari bersama-sama awali PHBS dari diri sendiri dan ditularkan ke lingkungan masing masing,” kata Mawar Hartopo. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :