LPJU Jalan Tembus Bulung Cangkring – Gadu Gunakan Tenaga Surya

oleh -1,419 kali dibaca

KUDUS, isknews.com – Ada pemandangan yang cukup menarik dan lain daripada yang lain, manakala melewati jalan tembus dari Desa Bulung Cangkring, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, ke arah Desa Gadu, Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati. Tiang-tiang lampu penerangan jalan umum (LPJU) yang di sisi sebelah timur, tampak berdiri tanpa dihubungkan bentangan kabel pada umumnya, pasalnya, LPJU di ruas jalan ini, menggunakan energi alternatif, yakni tenaga surya atau matahari.
Hal itu bisa dilihat pada bagian atas tiang LPJU yang pada bagian atasnya terdapat planer yang dipasang melintang, yang posisinya di atas lampu penerangan, saat isknews.com memantau di jalan tembus tersebut, Senin (28/12) pagi. Planel itu bekerja otomatis meyerap sinar matahari, yang kemudian dialirkan ke sebuah accu yang ditaruh di kotak di tiang itu, dan setelah mengandung strum, lalu dihubungkan dengan kabel ke lampu penerangan. Manakala hari gelap, lampu penerangan itu menyala dengan sendirinya.
Seperti yang tertera pada papan nama proyek yang dipasang di salah satu tiang LPJU, proyek tersebut pengadaannya oleh Dinas Bina Marga Pengairan Energi Sumber Daya Manusia (BPESDM) Kabupaten Kudus, Bidang Energi, dengan anggaran APBD Kabupaten Kudus TA 2015, dengan nilai kontrak sebesar Rp 339.128.000. Jumlah LPJU yang dipasang sebanyak 11 titik.
Seperti diberikan di isknews.com, Dinas BPESDM Kabupaten Kudus, pada kegiatan pengadaan proyek pada tahun anggaran (TA) 2015 ini, tidak hanya terfokus kepada insfrastruktur, seperti jalan dan jembatan saja. Proyek yang lain yang berkaitan dengan kebutuhan masyarakat terhadap lampu penerangan jalan umum (LPJU), juga dialokasikan, dengan angaran Rp 3.049.620.000. Anggaran sebesar itu, diperuntukan pemasangan sebanyak 261 titik lampu, di 8 ruas jalan di Kabupaten Kudus. (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :