Luhut : Penanganan Kasus Covid-19 Perusahaan di Kudus Perlu Dicontoh

oleh -1.011 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Kasus Covid-19 di Kabupaten Kudus yang sempat meningkat tajam menjadi pelajaran yang sangat berharga. Terutama pelajaran dalam penanganan situasi krisis saat kasus Covid-19 membludak. Beberapa perwakilan perusahaan di Kudus menjelaskan bagaimana penanganan Covid-19 dalam konferensi video konferensi rapat koordinasi yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di Command Center Kudus, Senin (26/7/2021).

Dalam rapat yang dihadiri Dandim 0722/Kudus Letkol Kav. Indarto dan Sekda Kudus Sam’ani Intakoris tersebut, perwakilan PT. Sukun dan Djarum menerangkan sedikit aturan dan strategi yang mereka terapkan dalam penanganan Covid-19. Pihak PT. Sukun menerapkan pengurangan kepadatan manusia dan pengurangan beban kerja. Pada bagian produksi yang pekerjanya paling banyak misalnya. PT. Sukun membuat 2 shif dan mengatur jarak setiap orang. 

“Kami hanya membatasi waktu bekerja pada setiap sif dan mengatur jarak setiap karyawan,” paparnya.

PT. Sukun juga melakan sterilisasi pada setiap kendaraan antar jemput pegawainya. Seperti yang diketahui perusahaan memiliki kendaraan khusus sebagai transportasi para karyawannya. Pihaknya menyampaikan karyawan pun diminta untuk melakukan protokol kesehatan yang ketat. b”Setiap kendaraan yang keluar telah disterilisasi. Karyawanpun kami minta disiplin protokol kesehatan,” paparnya.

Sementara itu, perwakilan PT. Djarum menyampaikan ribuan pegawainya telah melaksanakan vaksinasi. Perusahaan juga terus melakukan manajemen pencegahan Covid-19 secara terus menerus. Apabila ada karyawan yang terpapar, karyawan diminta untuk isolasi mandiri. Aktivitas isolasi mandiri pun akan terus dipantau perusahaan. Apabila ada yang melanggar aturan akan dikenakan sanksi.

“Kami akan memantau karyawan yang melakukan isolasi mandiri sampai dinyatakan sembuh kembali,”jelasnya.
Menanggapi hal itu, Luhut memuji strategi perusahaan dalam merespon penanganan Covid-19 di Kudus. Luhut meminta para pemimpin daerah yang menjadi peserta rapat dapat mencontoh Kudus terutama penanganan Covid-19 pada karyawan di perusahaan.

“Kudus telah berhasil melewati masa krisis dan itu dapat dilihat dari penanganan Covid-19 yang bagus. Penjelasan tadi dapat menjadi contoh penanganan kasus Covid-19 pada karyawan.” pungkasnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :