MA NU Tamrinut Thullab, Peringati Hari Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa

oleh -1,015 kali dibaca

Kudus,isknews.com – (28/10) “Bangun pemudi pemuda Indonesia, tangan bajumu singsingkan untuk negara, masa yang akan datang kewajibanmulah, menjadi tanggunganmu terhadap nusa….” Lagu nasional tersebut sengaja diputar berulang-ulang di MA NU Tamrinut Thullab Undaan Lor untuk memberikan semangat bagi seluruh peserta didik.

Hari ini, Rabu (28/10) MA NU Tamrinut Thullab memperingati Hari Sumpah Pemuda dengan mengadakan upacara sekaligus pembukaan kegiatan Bulan Bahasa yang ditandai dengan pelepasan balon ke udara. Setiap bulan Oktober madrasah ini memang rutin mengadakan kegiatan bulan Bahasa, namun ada yang beda di tahun ini. Jika tahun-tahun sebelumnya kegiatannya hanya lomba seni dan sastra dengan mengundang sekolah-sekolah atau madrasah lain se-kecamatan sebagai peserta, untuk tahun ini kegiatan bulan bahasa hanya dimeriahkan oleh siswa-siswi se-Yayasan Ihya’ Ulumuddin mulai RA, MI, MTs, dan juga MA.

Meskipun begitu, kegiatan ini tak kalah menarik dari tahun-tahun sebelumnya. Bahkan bisa dikatakan tahun ini justru lebih ramai dibandingkan tahun-tahun lalu. Banyak sekali kegiatan yang dilakukan selain hanya sekadar upacara dan lomba, tetapi juga dimeriahkan oleh pementasan Teater, kegiatan Bazar dan pentas seni dari siswa-siswi MA NU Tamrinut Thullab sendiri. Adapun lomba yang diadakan di antaranya: lomba mewarnai, lomba membaca puisi, lomba pidato, lomba mading yang semua itu diperuntukkan mulai RA, MI, dan MTs saja, sedangkan MA sebagai panitia lomba.

“Bulan Oktober adalah bulan yang diperingati sebagai bulan Bahasa. Sejarah ini tidak bisa dipisahkan dengan peristiwa Sumpah Pemuda yang terjadi pada tahun 1928 silam. Peristiwa yang memproklamirkan satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa ini telah memberikan semangat untuk pemuda pemudi Indonesia kala itu. Atas dasar sejarah itulah bulan Oktober diperingati juga sebagai Bulan Bahasa. Oleh karena itu, sejak berdirinya madrasah kami yang baru berumur 4 tahun ini kami tidak pernah meninggalkan peringatan Bulan Bahasa untuk menyemangati putra-putra kami.” Demikian penjelasan dari Bu Shofa selaku ketua panitia Bulan Bahasa di MA NU Tamrinut Thullab.

Kegiatan seperti ini memang memberikan banyak inspirasi bagi kita semua sebagai pemuda-pemudi generasi penerus bangsa untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan kita. Mewujudkan bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, serta adil dan makmur seperti yang termaktub dalam UUD 1945.

Selamat Hari Sumpah Pemuda!

‪#‎a6‬

KOMENTAR SEDULUR ISK :