Mahasiswa KKN-IK IAIN Kudus Bersama Pemdes Demaan Gerakkan Perubahan Masyarakat Sosial

oleh -541 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Peserta Kuliah Kerja Nyata Integrasi Kompetensi (KKN-IK) IAIN Kudus di Desa Demaan Kudus tahun ini mengusung tema “Bersinergi Bersama Desa Berbasis Moderasi Beragama” guna menggerakkan pergerakan masyarakat sosial sebagai program unggulannya.

Muslihin, Kepala Desa Demaan Kudus menyampaikan Demaan sebagai desa religi yang masuk menjadi penopang icon dan pusat kota. Desa ini mengelilingi Kabupaten dan Masijd Agung Kudus yakni Kauman, Srengatan, Plenyikan, Ngledok, Keradenan, Kependen.

“Demaan bertempat di tengah-tengah Kota yang menjadi pusat dari berbagai penjuru desa yang ada di Kudus. Religi yang kental karena berdirinya Masjid Agung Kudus mengelilingi desa tersebut, maka daerah yang masih kurang ke religiannya perlu disinergikan kembali.” jelasnya

Lanjut penyampaian Dosen Pendamping Lapangan KKN Desa Demaan Atika Okta Melisa, M. Sc, menurutnya Kawasan sekitar Masjid Agung Kudus merupakan pusat kota yang tentu dipandang lebih dibandingkan desa-desa lain. Maka, peradaban harus diusung guna menggerakkan keanekaragaman agama yang ada di Desa Demaan maupun Kota Kudus.

“Desa di pusat kota yang menjadi rujukan, maka sepatutnya lebih mengedepankan eksistensi religi maupun diperbanyak edukasi. Kedepannya dapat dikembangkan melalui gerakan pemuda maupun karang taruna desa.”

Sementara itu Koordinator KKN Kelompok Desa Demaan menerangkan gagasan yang sejalan dengan permasalahan yang ada dan tidak dapat dicapai hanya selama KKN berlangsung. Beberapa hal yang dapat difokuskan dari sinergi menggerakan perubahan.

“Pertama kami akan terjun langsung di daerah sosial untuk memperkenalkan religi kepada masyarakatnya. Tim kami akan berkerjasama dengan desa terkait hal tersebut. Kemudian, merevitalisasi website desa dengan mensosialisasikan moderasi beragama, karena melihat di era sekarang digital sebagai alat utamanya. Terakhir, mensosialisasikan dan mengarahkan cara beretika yang baik dalam moderasi beragama.”

Sambutan baik dari pihak kepala desa yang saat itu mendukung dan juga menghadiri pembukaan KKN-IK IAIN Kudus dengan harapannya program kegiatan KKN dapat menunjang perubahan dan menambahkan wawasan masyarakat sosial.

“Harapan saya kegiatan ini dapat berkelanjutan agar masyarakat sosial luas wawasan maupun bertambah ke-reiligiannya dan membantu desa dalam pemberdayaan masyarakat kedepannya dengan dilanjutkan melalui karang taruna.” (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :