Manfaatkan Momen Libur Lebaran Peziarah Padati Menara Kudus

oleh
Para peziarah saat ziarah di Makam Sunan Kudus, Senin (10/6/2019)

Kudus, isknews.com – Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus hingga hari ini nampak ramai oleh pengunjung saat lebaran hari ke lima, dilihat dari beberapa kendaraan pribadi baik roda empat maupun roda dua di lokasi parkir, plat kendaraan tersebut banyak yang dari luar daerah, laiknya B, G, H, N, S dan lainnya.

Mahmud, seorang peziarah asal Semarang menuturkan bahwa dirinnya sengaja ke sini saat perjalanan balik dari Surabaya menuju Semarang.
“Sengaja, ngajak keluarga dengan niat untuk ziarah ke sini. Kemarin kan mudik ke Surabaya, jadi ini sebelum balik ke rumah dan disibukkan dengan aktivitas diniatkan singgah dulu untuk ziarah,” tuturnya.

Para peziaraah ini memang memanfaatkan awal bulan Syawal untuk berziarah di makam Sunan Kudus. Mereka memadati kompleks Masjid Menara Kudus. Tampak mereka antre memasuki Makam Sunan Kudus.

TRENDING :  Kirab Budaya "Pincuk Pecel" Tradisi Muharam Desa Mlati Lor

Salah satu peziarah asal Kabupaten Demak, Sukardi mengatakan sengaja momen awal Syawal bersama rombongan untuk Ziarah di Makam Sunan Kudus. Menurutnya, ziarah di makam Sunan Kudus sering dilakukan setiap tahun.

“Memang rutin melakukan ziarah ke Makam Sunan Kudus. Kesempatan ini sebelumnya ziarah di Makam Sunan Kalijaga, kemudian di Makam Sunan Kudus, baru nanti di Makam Sunan Muria,” bebernya.

TRENDING :  Tuntas Di Cor, Akses Jembatan Tanggulangin Tepat Diatas Kali Wulan

Senada juga diungkapkan oleh, Agus Subekti peziarah asal Singosari, Malang Jawa Timur. Ia bersama dengan rombongan sengaja melakukan ziarah pada awal bulan Syawal. Menurutnya, pada tahun ini ada delapan makam Sunan yang dikunjungi.

“Mulai dari Makam Sunan Ampel, Sunan Giri, hingga ini sampai di Sunan Kudus. Nanti masih ada rencana ziarah di Makam Sunan Kalijaga,” katanya.

Menurutnya, momen ini sangat tepat untuk berziarah di makam para Sunan. Ia pun berharap, bisa mendapatkan berkah dari para Wali Allah.

TRENDING :  Gebyar Milad Birrul Walidain Adakan Fun Walk Dan Pentas Seni

“Ya mendokan para wali, semoga mendapatkan berkah dari ziarah ini,” ungkapnya.

Busro Latif Bagian Pengatur Ziarah di Makam Sunan Kudus mengatakan, dari awal bulan Syawal hingga hari keenam ini banyak ziarah ke Kudus. Mulai dari Kudus sendiri, hingga luar dari Kudus.

“Pengunjung mulai 1 Syawal sampai ke 6 ini ramai. Banyak orang ziarah, mulai dari Kudus, dan luar pulau bahkan ada dari Jakarta,” jelasnya.

Menurutnya memang, lebaran ini dimanfaatkan untuk berziarah. “Karena ada sebagaian pas mudik, ziarah pas memang dari rumah ziarah ke Sunan Kudus,” tandasnya.

KOMENTAR SEDULUR ISK :