Manisan Kedondong, Bawa Kita Bernostalgia ke Era 90-an

oleh

Kudus ISKNEWS.COM – Pada era 1990 hingga 2000, banyak makanan-makanan yang begitu populer bagi anak sekolahan. Seperti manisan kedondong, mie lidi, es lilin, gulali dan lain lain. Entah kenapa, makanan – makanan tersebut kini mulai sulit kita jumpai.

Tidak seperti dulu saat dibangku sekolah, kita dapat dengan mudah menemukan penjual mie lidi dan manisan kedondong di depan sekolah. Mulai bergesernya minat pembeli ke makanan instan dan snack, membuat makanan tersebut perlahan hilang dari peredaran.

Akhir-akhir ini, banyak generasi 90-an yang tergerak untuk mempopulerkan kembali makanan-makanan tersebut. Mereka ingin mengajak kepada semua lapisan masyarakat, untuk bernostalgia dengan makanan dan kenangan semasa sekolah dahulu.

Hal ini diakui oleh Maman (55) yang beprofesi sebagai penjual makanan sejak tahun 90-an. Dahulu ia mejajakkan manisan kedondong ke sekolah-sekolah di Kabupaten Kudus.

Saat ditemui ISKNEWS.COM pada CFD (14/1/2018), ia menceritakan bahwa dulu manisan kedondong sangat digemari anak-anak sekolah, karena rasanya yang manis, asam, asin dan sedikit pedas itu, membuat makanan tersebut banyak dicari oleh anak sekolah.

Perkembangan zaman dan perubahan pola konsumsi anak sekolah yang lebih menyukai snack, membuat manisan kedondong sepi pembeli. Hal tersebut pernah memadamkan niatnya untuk berjualan manisan kedondong.

“Saya berjualan manisan kedondong dari 15 tahun lalu, saat itu sempat berhenti berjualan selama 3 tahun. Dan setahun ini saya mencoba aktif berjualan kembali,”.

“Saya terinspirasi dari mie lidi yang kini mulai populer dan digemari masyarakat. Saya melihat orang-orang di era 90-an, sebenarnya banyak yang ingin bernostalgia dengan manisan kedondong,” ujar Maman.

“Bagaimana generasi sekarang dapat mengenal manisan kedondong, jika tidak ada yang menjualnya? Oleh karenanya saya harus berjualan manisan kedondong lagi,” katanya.

Dengan kembali berjualan manisan kedondong, Maman berharap anak muda saat ini dapat mengenal makanan yang dulu pernah populer di era 90-an. Mengingat, manisan kedondong adalah makanan yang diproses tanpa menggunakan micin, sehingga sehat untuk dikonsumsi oleh semua kalangan. (NNC/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :