Mantab, Menikmati Pindang Serani Ikan Nila dan Tombro Yang Khas Bumbu Kuning

oleh -281 kali dibaca

Kudus, Isknews.com – Puas, ketika berhasil mendapatkan ikan hasil tangkapan sendiri. Kalimat ini nampaknya cocok disematkan, setelah seharian memancing dibawah terik matahari. Kemudian, hasil tangkapan tersebut dimasak ramai-ramai dan dimakan bersama.

Salah satu olahan ikan yang banyak digemari oleh berbagai kalangan adalah pindang serani ikan nila dan tombro. Tidak susah untuk membuat menu masakan yang satu ini.

Pertama, ikan dibersihkan dahulu dan direndam dalam air yang telah diberikan perasan jeruk nipis. Hal ini untuk mengurangi bau amis dari ikan tersebut.

Kemudian, membuat bumbu tumis yang terdiri dari bawang putih, bawang merah, gula, garam, cabai yang dihaluskan dan dimasukkan ke dalam wajan. Jangan lupa untuk menambahkan rempah-rempah, seperti serai, daun salam, lengkuas, jahe, dan kunyit untuk menciptakan aroma dan rasa yang mantab.

Baru setelah itu menambahkan air secukupnya ke dalam tumis, dan juga ikan nila dan combro yang telah dibersihkan sebelumnya. Tunggu hingga masak, dan Pindang Serani Ikan Nila serta Tombro siap untuk dinikmati.

Dengan warna khas kuningnya dan rasa yang nikmat, berpadu dengan lembutnya daging ikan nila dan tombro Apalagi, bisa ditemani dengan segarnya es teh dan dilahap di tengah-tengah sepoinya angin persawahan.

Inilah yang nampak di lokasi Pemancingan Tirta Kencana, Desa Temulus, Kecamatan Mejobo, Kudus. Setelah melepas penat lantaran seharian menunggu umpan kail termakan ikan. Cocok sekali rasanya, ikan tangkapan tersebut dimakan secara beramai-ramai.

Pengelola kolam, Ahmad Purwanto (41 tahun), menuturkan, pemancingan Tirta Kencana menyediakan tiga jenis ikan yang siap dipancing. Yaitu, ikan nila, tombro, dan patin.

Ikan yanh ditabur berukuran cukup besar. Pihaknya memilih taburan ikan yang ukurannya 1 kilogram berisi 3 ekor. Ikan tersebut siap dipancing sepuasnya hanya dengan membayar tiket masuk seharga Rp 30 ribu – Rp 50 ribu.

“Tergantung taburannya (untuk harga masuk), kalau taburan 50 kilogram harga masuknya Rp 30 ribu. Pemancing bisa sepuasnya mancing seharian dan ikan yang didapat boleh dibawa pulang,” katanya.

Bila tertarik untuk memancing di tempat ini, masyarakat bisa datang mulai pukul 07.00 hingga 18.00. (MY/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :