Mantap! Pemuda Getas Pejaten Kudus ini Bikin Kursi Roda Elektrik

oleh -651 kali dibaca
Fikri Hanif Wijaya (topi) didampingi Kepala Desa Getas Pejaten. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Kudus, isknews.com – Fikri Hanif Wijaya, pemuda 24 tahun beralamat di Desa Getas Pejaten RT 03 RW II Kecamatan Jati, Kudus berhasil membuat kursi roda elektrik lengkap dengan bangku hidrolis.

“Awal 2020 kemarin saya dan teman saya buat di Yogyakarta, pas pulang, dari pada gabut atau tidak ada kerjaan, saya buat dengan bermodalkan nekat mencari sponsor akhirnya dapat dana dari salah seseorang dan pihak Desa, waktu itu awal PPKM,” ungkap Fikri, ditemui awak media, Rabu (13/10/2021).

Kursi roda elektrik buatan Fikri jika dikalkulasi menghabiskan Rp18 juta. Pria lulusan UII Yogyakarta angkatan 2015 itu harus beli sparepart dari luar negeri. 

“Biaya itu, untuk membeli berbagai part kursi roda tersebut yang sebagian besar berasal dari luar negeri. Karena dari dalam negeri susah dapat sperpat-nya, maka kami cari dari luar negeri. Kebanyakan memang dari China, termasuk mekanik, muatan elektrik, baterai, dan hidrolisnya,” ungkap dia.

Pengerjaan kursi roda sendiri, sambung dia, memakan waktu kurang lebih satu bulan. Waktu tersebut, sudah termasuk melakukan riset, mendesain, hingga menunggu komponennya datang. “Kursi roda ini dilengkapi joystick yang membuatnya bisa bergerak ke kanan, kiri, maju, dan mundur, di bagian sandaran juga dilengkapi alat untuk memijat bagian punggung,” terangnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :