Masa Libur Lebaran, Juru Foto Menara Dulang Rp 800 Ribu Perhari

oleh
Aksi fotografer Menara saat memfoto pelanggannya (Foto: YM)

Kudus, isknews.com – Masa liburan Idul Fitri 1440H yang meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Objek Wisata Religi Menara Kudus turut membawa berkah bagi para tukang foto di kawasan tersebut.

Tingginya antusias pengunjung untuk mengabadikan diri dengan ikon Kabupaten Kudus tersebut, membuat para tukang foto di kawasan itu kebanjiran rezeki. Bahkan selama lebaran ini, mereka bisa mengantongi uang sebesar Rp. 600 – 800 ribu setiap harinya.

“Rata-rata setiap harinya bisa dapat Rp. 800 perorang. Itu kotor ya. Kalau bersihnya kira-kira separonya lah,” ujar Yanto salah satu tukang foto di kawasan Objek Wisata Religi Menara Kudus yang ditemui media ini Minggu (09/06/2019).

TRENDING :  SUKUN MUDA JUARA 1 Kejuaraan Nasional Voli U – 17 di Jakarta 

Menurutnya, Menara Kudus mulai ramai dikunjungi pengujung sejak hari pertama lebaran, Rabu (5/6). Dan puncaknya terjadi pada H+3 dan H+4 lebaran.

“Kemarin pas puncak itu ada yang dapet sampai Rp. 1 juta lebih perharinya. Itu tergantung, pinter-pinternya kita dalam menawarkan jasa ke pengunjung,” kata warga Desa Bakalankrapyak tersebut.

Meski permintaan pengguna jasanya meningkat, Yanto mengaku biaya yang ditawarkan tetap sama seperti hari biasanya. Yakni Rp. 10 ribu untuk satu foto ukuran 5R. Lalu Rp. 20 ribu untuk satu foto ukuran 10R dan Rp. 40 ribu untuk satu foto ukuran 20R.

TRENDING :  Masjid Al-Aqsha Menara Kudus Sembelih 37 Hewan Kurban

“Kalau tarifnya masih sama. Cuma sekarang arus lalu lintasnya lebih padat dari biasanya. Jadi agak susah pas jepretnya. Sering kali harus ngulang,” ungkap dia. Meski begitu, ia tetap bersyukur. Pasalnya kecanggihan teknologi tidak melunturkan semangat pengunjung untuk menggunakan jasa fotonya.

TRENDING :  HUT 72 Koperasi di Kudus : Ciptakan Inovasi dan Dimensi Baru dalam Perkoperasian

“Sekarang kamera handphone udah pada bagus-bagus. Tapi alhamdulillah masih bayak yang pakai jasa kita,” terangnya.

“Foto pakai handphone sama pakai kamera beneran agak beda. Ada kepuasan tersendiri gitu,” ucap Rini, salah satu pengguna jasa tukang foto Menara. Wanita 25 tahun, asal Kabupaten Tuban itu mengaku menggunakan jasa tukang foto lantaran hasil fotonya cukup bagus dan harga yang ditawarkan juga terjangkau.

“Buat kenang-kenangan kalau saya dan keluarga pernah ke sini,” pungkasnya. (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :