Masa Pandemi Tak Halangi Siswa PAUD, Rayhan Adinata Raih Prestasi Nasional

oleh -146 kali dibaca
Reyhan Adinata (4 tahun) sedang berpose dengan piala dan piagam penghargaan. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Kudus, isknews.com – Prestasi membanggakan disandang Rayhan Adinata, bocah yang tepat di tanggal 16 Desember 2020 beranjak usia 4 tahun itu telah memilik prestasi yang membanggakan kedua orang tuanya.

Anak pasangan Triliana (29) dan Fajar Nugroho (29) asal Desa Pasuruan Lor RT 3 RW 11 itu di masa pandemi justru aktif mengikuti lomba yang digelar baik di sekolah-nya maupun pihak luar. Untuk lomba yang diselenggarakan pihak luar, teknisnya tiap peserta mengirimkan video ke penyelenggara lomba.

“Rayhan merupakan siswa kelompok bermain (KB) dan anaknya memang condong ke hafalan. Saya akan dorong sesuai minat dan bakatnya,” kata Ibu Rayhan, Triliana saat ditemui isknews.com, Selasa (15/12/2020).

Kendalanya kadang malas, hal itu wajar di usianya, kata Triliana, namun jika dipancing hafalan surat pendek  langsung rayhan meneruskan lafadznya, “Terkadang saya beri reward belikan mainan, karena ada banyak cara untuk memberikan semangat dan motivasi untuk anak supaya mau mengikuti arahan untuk diajari sesuatu hal,” terangnya.

Triliana memaparkan, Prestasi Rayhan diantaranya meraih Juara 2 Hafidz cilik yang diselenggarakan anak hebat Indonesia tingkat nasional, lombanya bertahap dari mei hingga desember 2020.

Dalam kesempatan itu, Rayhan mengikuti lomba dengan menghafalkan 13 surat pendek dan doa-doa, “Hafalannya meliputi  Al Fatihah, An-Nas, Al- Falaq, Al Kautsar, An – Nasr, Al- Asr, Al Kafirun , Al lahab, At – Tin, Al Ikhlas, Al Maun, Al fil dan Al Takasur. Sedangkan hafalan doa dan sholawat diantaranya Doa khotmil Qur’an, Doa sebelum & sesudah wuhdu , Doa iftitah, Doa turun hujan, Kalamun qodimulah, Sholawat tibbil qulub dan terakhir Sholawat narriyah,” bebernya.

Selain itu, Juara 2 lomba hafalan jenjang tingkat KB, mendapatkan voucher potongan pendaftaran  dan kursus sebesar Rp500 ribu.

Ada lagi, juara 2 lomba hafalan doa sebelum makan, dalam kegiatan Gemilang Alkaba, yang diselenggarakan PAUD Al-Azhar Kalibanteng Semarang secara Daring pada 28 November 2020.

Triliana yang pernah menjadi guru PAUD itu berjanji supaya kelak anak-anaknya akan dididik sungguh-sungguh, “Saya berusaha mendidik anak sebaik mungkin, salah satu diantaranya lewat lomba, yakni dengan saya mencari info di instagram, pihak swasta yang bikin lomba-lomba saya ikuti,” pungkasnya. (AJ/YM).

KOMENTAR SEDULUR ISK :