Masih Diperiksa KPK Dua Plt Kepala Dinas Ini Diganti

oleh

Kudus, isknews.com – Untuk membantu kelancaran KPK atas pemeriksaan dua orang Plt di lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Kudus, Plt Bupati Hartopo mengambil langkah tegas dengan mengganti Plt Kepala Dinas di wilayahnya.

Kedua Plt itu adalah Heru Subiyantoko di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), serta Kasmudi di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Kudus.

Plt Bupati Kudus Hartopo (foto: YM)

“Dua Plt itu kan ada berkasus permasalahan saat ini, ya kan. Masih sibuk sana-sini,” kata Hartopo kepada wartawan di lokasi acara rapat pleno penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Kudus, di satu hotel di Kecamatan Jati, Kudus, Sabtu (10/08/2019).

Dia mengatakan, penggantian Plt Heru yaitu kembali ke jabatan difinitifnya yakni Sekretaris Dinas (Sekdin) Perpustakaan. Posisinya digantikan Joko Mukti yang juga Kabid Sumber Daya Air Dinas PUPR setempat.

TRENDING :  Sidang Lanjutan Tergugat PT.Andalan Finance di Pengadilan Negeri Kudus

Sementara Kasmudi kembali menjadi sekdin di tempat sama. Posisinya digantikan oleh pelaksana tugas baru, Wahyu Haryanti yang sebelumnya menjadi Staf Ahli Bupati Kudus.

“Kemarin kita pantau, penyerapan anggaran (Dinas PUPR dan Dinas Budpar) juga masih minim sekali, ya kan. Kalau seperti ini (diganti) biar bisa terfokus (fokus pemeriksaan KPK). Untuk Plt yang kayak PUPR, atau Budpar, bisa terfokus ke permasalahannya,” ujar Hartopo.

Pergantian jabatan Plt Kepala Dinas PUPR dan Plt Kepala Dinas Disbudpar berlaku efektif setelah surat yang ditandatangani Plt Bupati Kudus diserahkan Kamis (08/08/2019) sore.

TRENDING :  Peringati Malam Nuzulul Quran Bupati Bagikan Santunan Bagi Penyandang Cacat dan Yatim Piatu

Pergantian pimpinan pelaksana tugas kepala dinas semata-mata agar kegiatan OPD setempat tidak terganggu, karena pimpinannya ikut dimintai keterangan KPK.

“Jadi bukan karena faktor suka atau tidak suka, tetapi itu murni untuk kebaikan OPD agar lebih lancar menjalankan kegiatan pekerjaannya,” Kata Plt Bupati Kudus M Hartopo kepada media setelah rapat pleno KPU Kudus di Griptha.

Untuk memastikan seluruh kegiatan tetap berjalan normal, pemkab melakukan evaluasi terhadap sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) dengan harapan penyerapan anggaran tidak terganggu.

Seperti Dinas PUPR saat ini seluruh kegiatan publik belum berjalan maksimal, sehingga serapan anggarannnya masih sangat rendah. Dengan pelaksana tugas kepala dinas baru, diharapkan dapat segera menjalankan roda kegiatan secara optimal, sehingga capaian serapan anggarannya menjadi lebih besar. 

TRENDING :  115 Desa Penyelenggara Pilkades di Kudus, Sukses Gelar Penyampaian Visi dan Misi Calon Kades

Seperti diketahui bersama, sebelumnya, KPK menetapkan Tamzil sebagai tersangka dugaan suap terkait pengisian jabatan di Kudus. Dia diduga menerima suap untuk membayar utang senilai Rp 250 juta.

Selain itu, KPK juga menetapkan staf khusus Bupati, Agus Soeranto, dan Plt Sekretaris Dinas DPPKAD Kudus Akhmad Sofyan sebagai tersangka. Ketiganya kini ditahan KPK.

Ada beberapa orang di lingkungan pemkab setempat yang masih terus diperiksa KPK sebelumnya. Hingga saat ini, ada dua orang yang masih intensif menjalani pemeriksaan KPK. Yakni Heru Subiyantoko dan Kasmudi.  (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :