Masjid Agung Kudus Bagikan Ribuan Daging Qurban Hari Ini

oleh

Kudus, ISKNEWS.COM — Penyembelihan dan pembagian hewan qurban di Masjid Agung Kudus dilaksanakan pada hari tasyrik pertama, 11 Dzulhijjah 1440 H atau Senin 12 Agustus 2019.

Pantauan isknews.com di lokasi, tepat pukul 13.00 WIB, terlihat antrean sudah mengular di halaman Masjid Agung Kudus. Pembagian dibagi menjadi 2 post, bagian utara Masjid untuk laki-laki sementara bagian selatan Masjid untuk perempuan. Mereka datang dari masyarakat umum sekitar, khususnya warga Demaan.

H. M. Makhsun, Ketua Panitia Pembagian Qurban Masjid Agung Kudus menjelaskan, Jumlah total yang dibagikan sebanyak 1800 bungkus, untuk masyarakat umum (antrean) disediakan 800 bungkus dan sisanya untuk undangan, “Teknisnya para antrean disuruh duduk berjejer rapi. Sebelum daging qurban dibagikan, warga diminta membacakan kalimat syahadat yang dipandu petugas,” ujarnya.

TRENDING :  Pemkab Kudus Antisipasi Daerah Rawan Banjir

Makhsun melanjutkan, hal itu bukan tanpa alasan karena penerima daging qurban harus beragama Islam, itu saja, tanpa ada maksud yang lain. “Karena kami harus mengikuti aturan sesuai syar’i,” jelasnya.

TRENDING :  Bupati Kudus Dari Masa Ke Masa

Ditambahkan Makhsun, Masjid Agung Kudus tahun ini menyembelih 9 kerbau dan 10 ekor kambing. Untuk kerbau, panitia diamanati dari perorangan maupun kelompok. “Diantaranya dari Plt Bupati Kudus, Polres Kudus, dan perusahaan swasta  Untuk sisanya ada 3 kerbau dari iuran patungan yang terdiri dari tujuh orang atau dalam agama disebut Syirkah,” terangnya.

TRENDING :  MI Tarbiyatul Islamiyah, Kembangkan Edukasi Anak Dengan Kunjungan Industri

Sementara itu, salah satu pengantre Endang (38) warga demaan, RT 4, RW 4 mengaku senang dapat daging qurban. Ia setiap tahunnya mengantre daging qurban di Masjid Agung. “Saya kesini membawa anak, dan rencananya daging qurban akan saya buat sate untuk di makan bersama,” ujarnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :