Masjid Agung Kudus Pastikan Gelar Shalat Id Disertai Protokol Kesehatan

oleh
Foto : Istimewa

Kudus, isknews.com – Pengurus Masjid Agung Kudus memastikan akan menyelenggarakan Shalat Idul Adha 1441H disertai dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

“Sudah kami siapkan protokol kesehatannya, jadi di gerbang masuk itu kita akan cek suhu tubuh jamaah, kita sediakan juga tempat cuci tangan, ada juga hand sanitizer, itu wajib. Paling penting itu jamaah wajib mengenakan masker saat memasuki lingkungan masjid,” kata pengurus Masjid Agung Kudus Ediono pada saat dihubungi isknews.com, Kamis (30/7/2020).

TRENDING :  Kader Posyandu Diimbau Maksimalkan Layani Warga

Secara garis besar, penerapan protokol kesehatan di Masjid Agung Kudus untuk Ibadah Idul Adha di tengah pandemi COVID-19 ini akan sama dengan pelaksanaan ibadah rutin Shalat Jumat.

Masyarakat yang akan melaksanakan Shalat Id pada Jumat (31/7) nanti diimbau agar membawa sajadah atau alas dari.

TRENDING :  Simulasi Gencar Dilakukan Jelang UNBK

“Harus membawa sajadah masing-masing dari rumah, karena kami panitia tidak menyediakan alas di masjid,” ujar Ediono.

Pihaknya juga telah menyiapkan fasilitas pemberian jarak untuk menerapkan jaga jarak fisik (physical distancing) sesuai dengan anjuran organisasi kesehatan dunia (WHO).

“Kita atur jarak antar jamaah. Jadi satu meter ke samping dan belakang. Jadi sudah kami tandai nanti. Kita sesuaikan dengan protokol kesehatan. Kita gunakan juga bagian dalam masjid maupun di luar masjid,” kata Ediono

TRENDING :  370 Peserta Ramaikan MTQ Pelajar dan Umum Kabupaten Kudus 2017

“Masjid Agung Kudus menampung 2.000 lebih jemaah, karena ada pandemi dibuat jarak, jadi kapasitas berkurang menjadi 750 jemaah,” ujarnya.

Selain mengadakan Shalat Id, Masjid Agung Kudus juga melaksanakan pemotongan hewan kurban pada Sabtu (1/8), sedangkan untuk pembagian daging akan diantar ke rumah masing-masing. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :