Memantapkan keimanan siswa, SD NU Nawa Kartika Kudus Laksanakan Sholat Gerhana Matahari

oleh -1,066 kali dibaca

image

Isknews.com, Kudus – (09/03/16) Siswa-siswi Sekolah Dasar Nahdlatul Ulama Nawa Kartika Kudus Jawa Tengah, yang terdiri dari kelas I s.d kelas VI sebanyak 971 dan komite staff dan guru, melaksanakan sholat gerhana matahari (Shalat Kusuf).

Halaman SD NU yang berdiri pada tahun 1970 ini jadi tempat pelaksanaan nya.

image

Kepala SD NU Nawa Kartika, M. Anshori mengatakan, Jika Sebelum dilaksanakan sholat gerhana di SD NU nawa kartika Kudus, 1 hari menjelang hari H, siswa siswi diberi pengetahuan dan pembekalan tentang sholat gerhana dari Guru Bidang Keagamaan.

Tujuan nya diadakan nya sholat gerhana ini di maksud untuk Mengenalkan anak di luar sholat2 wajib, dhuha, memantapkan pembekalan, siswa melakukan praktik langsung sebagai bekal pengalaman dan selalu diingat siswa. “Jadi ketika mereka dewasa akan dapat mengerjakannya,”  ucap kepala SD yang berlokasi di desa langgardalem kec. Kota ini, kita tidak hanya melihat, tp lebih memantapkan iman kepada Allah,”

tuturnya

.

image

Adapun sholat gerhana matahari, Imam sholat di pimpin oleh Bpk Mas’adi dan khutbah bpk.Yusran Nada

“Dalam sholat gerhana  ada dua kali ruku’, dalam satu raka’at, pada raka’at pertama setelah membaca Al-Fatihah surah Asy-syams, setelah itu bangkit dari ruku’ membaca Al-Fatihah dan membaca surah Ad-Dhuha,” jelas Anshori.

Lebih lanjut Anshori menjelaskan pada  raka’at kedua setelah sujud dan bangkit, membaca Surah Al Fatihah dilanjutkan dengan surah  Al-Kafiruun kemudian ruku dan bangkit dari ruku’ membaca Al-Fatihah dan membaca surah Al- Ikhlas.

“Didalam sholat gerhana matahari ini biasanya memakai Khutbah seperti salat Jum’at,” jelasnya.

image

image

Salah satu siswa di tanya Isknews.com menjelaskan bahwa mengaku baru pertama mengerjakan salat gerhana. “Kami amat senang melakukan hal ini,karena kami tidak pernah melihat orang- orang mengerjakan salat gerhana ini,” ujar salah satu siswa.

Kepala Sekolah menambahkan jika penanaman bekal pengetahuan agama sangat baik ditanamkan pada saat masa perkembangan. Berharap “Siswa-siswi nanti mampu memberikan kontribusi yang bermanfaat pada masyarakat dan lingkungan mereka, apabila mereka dewasa nanti,” Pungkasnya.(Jivan)

KOMENTAR SEDULUR ISK :