Mencoba Kabur, Minibus Angkut Rokok Ilegal Berhasil Digagalkan Bea Cukai Kudus

oleh -626 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Kepala Kantor Bea Cukai Kudus, Gatot Sugeng Wibowo mengungkapkan bahwa pihaknya tidak pernah lengah melakukan pengawasan terhadap pergerakan rokok ilegal di seluruh wilayah kerjanya.

“Operasi Gempur Rokok Ilegal digelar di semua lini tak terkecuali dengan mengamati peredarannya baik yang berbasis teknik tradisional maupun yang menggunakan teknologi informasi; jual beli online di media sosial dan marketplace misalnya. Jasa-jasa ekspedisi pun tak luput diawasi,’ jelasnya dalam siaran tertulisnya.

Berdasarkan analisis intelijen, kata Gatot, pada Jumat, 16 Juli 2021 sekitar pukul 00.00 WIB, Tim Unit Penindakan Cukai (UPC) Bea Cukai Kudus berhasil memetakan adanya sebuah mobil minibus warna silver metalik  yang diduga digunakan untuk mengangkut Barang Kena Cukai (BKC) berupa rokok jenis SKM diduga ilegal dari wilayah Kabupaten Kudus.

Tim kemudian melakukan pemantauan di Jalan Raya Kudus – Demak. Sekitar pukul 01.00 tim berhasil menemukan titik lokasi mobil dengan ciri-ciri sebagaimana informasi tersebut sedang berjalan di daerah Tanggulangin Kabupaten Kudus. Kemudian Tim melakukan pengejaran terhadap mobil tersebut. Sesampainya di daerah Trengguli  Kabupaten Demak Minibus berputar balik kembali ke arah Kudus.

Setelah dilakukan pengejaran, lanjut Gatot, mobil Minibus berhasil dihentikan di Desa Ngembal Kulon Kecamatan Jati, Kudus. Tim segera melakukan penindakan terhadap mobil tersebut. Tim menemukan sebanyak 7 karton  rokok Ilegal jenis SKM dengan merk HIMA BLACK, MAXX ONE BOLD, BOSSINI BLACK dan X-PRO BOLD, dilekati pita cukai yang diduga palsu, jenis SKT seri I. Atas Barang Kena Cukai (BKC) berupa rokok jenis SKM Ilegal ,  mobil minibus dan pengemudi dibawa ke Bea Cukai Kudus untuk pemeriksaan lebih lanjut. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :