Mengenal Apa Itu Robot

oleh -1,043 kali dibaca

Kudus_isknews.com – (24/1) Robot, mungkin saat kita mendengar kata “robot” yang terlintas adalah suatu teknologi yang sangat canggih dan mampu bergerak secara otomatis. Namun sekarang ini robot bisa kita jumpai dengan mudah, apalagi yang sudah berkerja di suatu perusahaan besar. Namun tidak hanya mesin-mesin cangging yang ada diperusahaan, robot juga sudah akrab di dunia anak-anak, baik menjadi materi pembelajaran maupun menjadi mainan yang dijual bebas di toko-toko.

Robot merupakan alat mekanik yang dapat melakukan berbagai tugas fisik, baik dioperasikan dan diawasi manusia maupun yang dioperasikan secara otomatis menggunakan suatu program. Istilah Robot sendiri berasal dari bahasa Cheko “Robota” yang berarti pekerja yang tidak mengenal lelah ataupun bosan. Kemajuan teknologi yang semakin cepat membuat robotpun semakin cerdas dan mampu melakukan aktivitas yang berfariasi. Salah satu robot yang sekarang ini banyak diteliti yaitu robot quadruped.

Robot quadruped yaitu jenis robot yang memiliki 4 kaki yang menyerupai serangga seperti halnya laba-laba. Biasanya Robot quadruped sering dibuat oleh mahasiswa sebagai robot pemadam api dengan dilengkapi sensor jarak dan sensor panas. Selain sensor-sensor tersebut, peran alat elektroniknya seperti microcontroller sebagai otak robot serta servo sebagai penggerak robot juga sangat penting.

Faesal, sarjana teknik salah satu universitas di Semarang dan juga pernah bergabung menjadi Team Robotik di Universitasnya ini menyatakan “Dalam membuat suatu robot quadruped yang baik, ada 3 aspek yang ditekankan yaitu pemrograman, mekanik dan elektronik, sehingga dengan baiknya 3 aspek tersebut, maka robot yang dibuat juga semakin baik”.(FA)

KOMENTAR SEDULUR ISK :