Menikmati Sensasi Kopi Susu Parijotho di Kedai Kopi Tjolo Gunung Muria

oleh -519 kali dibaca
Pujiharto (kaos warna merah), pemilik kedai kopi tjolo sedang menyajikan pesanan pembeli. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Kudus, isknews.com – Coffee Shop atau kedai kopi menjadi salah satu destinasi melepas penat bagi sebagian orang. Selain itu, juga bisa menjadi tempat ngumpul bersama teman-teman, keluarga, rekan kerja dan sebagainya.

Kalian penikmati kopi tidak ada salahnya mampir di kedai kopi tjolo yang berjarak sekitar 14 kilometer dari pusat Kota Kudus.

Untuk ke sana, hanya butuh waktu perjalanan kurang lebih 35 menit. Jalanan aspal, dengan tanjakan, turunan dan tikungan tajam khas pegunungan, menjadi sajian medan perjalanan menuju lokasi yang masuk wilayah Desa Colo Kecamatan dawe Kabupaten Kudus.

Kopi Susu Parijoto

Lalu, cobalah memesan Kopi Susu Parijoto yang cukup terkenal di kedai yang dikelola Komunitas Kopi Muria tersebut. Ya, Perlu kamu tahu, parijata merupakan tanaman liar yang tumbuh di dataran tinggi nan lembap dan teduh dengan buah berwarna merah keunguan. Buah yang dominan asam dan sedikit sepat di lidah itu mampu meningkatkan “kesuburan”.

“Rasa sepat dan asam pada buah parijata rupanya cukup pas saat disandingkan dengan kopi yang pahit. Maka, jadilah sirup parijata dicampurkan dalam kopi susu,” jelas Pujiharto (49), pemilik kedai kopi tjolo yang juga Ketua Komunitas Kopi Muria, Sabtu (21/2/2021).

Rasa sepat dan asam pada buah parijata rupanya cukup pas saat disandingkan dengan kopi yang pahit. Maka, lanjut Atok (panggilan akrabnya), jadilah sirup parijata dicampurkan dalam kopi susu. 

Sejumlah pemuda saat mengunjungi kedai kopi tjolo. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Selain Kopi Susu Parijotho, juga ada pilihan rasa kopi yang lain, diantaranya Espresso, Cappucino, Moccacino, Americano, Vietnam Drip, Kopi Susu Regal, Kopi Susu Gulo Aren, Black Mango, Dalgona, Robusta Arabica dan lainnya. “Soal harga kami mematok antara Rp4 ribu hingga Rp15 ribu,” paparnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :