MGBK Kudus Gelar Expo Kampus, Hadirkan 77 Perguruan Tinggi

oleh

Kudus, isknews.com – Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) Kudus mengadakan pameran perguruan tinggi di Gedung JHK, Jalan R.Agil Kusumadya, Kudus. Sebanyak 77 perguruan tinggi menawarkan banyak program favoritnya.

Kegiatan yang digelar selama dua hari yakni 14 – 15 Januari 2020 ini, tidak hanya diikuti universitas dan perguruan tinggi di Jawa Tengah saja, melainkan dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur dan kota pelajar Yogyakarta.

Disela-sela pembukaan Expo Perguruan Tinggi, Plt. Bupati Kudus Hartopo berpesan kepada pelajar agar terus mengejar cita-cita dengan sekuat tenaga. Memang, dalam perjalanan menggapai cita-cita terkadang harus menghadapi tantangan yang muskil. Akan tetapi, kemuskilan harus dilawan dengan pantang menyerah dan melangitkan doa kepada Tuhan. Bahkan, kreativitas dan inovasi acap kali mengemuka disaat tantangan itu datang.

“(Mengejar cita-cita) Niatnya harus kuat. Tangguh. Jangan mudah menyerah. Perjalanan menuju sukses harus ditempuh lewat jalan terjal. Tapi, jalan terjal itu akan mengasah kita. Justru, kadang kita lebih kreatif dan inovatif ketika merasa tertekan. Biasanya, disiitulah kita dapat solusi yang baik,” jelasnya.

TRENDING :  Inilah Potret Kehidupan Buruh di Kabupaten Kudus
Dokumentasi Kominfo

Ia juga mencoba memutar balik waktu. Semasa kecil, Hartopo punya semangat tinggi dalam mengejar ilmu. Meski sempat dilanda kenyataan putus sekolah akibat ketiadaan biaya. Namun, tekad kuat untuk meraih masa depan yang cerah selalu terpatri dalam tiap langkah perjuangan. Tak lupa, ia selalu melangitkan doa.

“Yang penting usaha keras itu tidak akan mengkhianati hasil. Dan, yang lebih utama jangan lupa kita punya Allah Tuhan YME. Jadi, selalu berdoa untuk kesuksesan di masa mendatang,” katanya.

Usai memberikan sambutan, Hartopo memukul gong tanda dimulai pameran. Setelahnya, ia mengunjungi stand-stand universitas yang berada di dalam gedung JHK Kudus. Dalam kesempatan tersebut, Hartopo juga berbincang dengan peserta pameran dengan sangat akrab.

Ia berharap guru BK bisa membimbing dan mengarahkan siswa – siswi-nya dalam memilih jenjang pendidikan kedepan. Kepada segenap siswa siswi yang hadir pada pembukaan, Hartopo berpesan supaya kejar terus cita-cita, “Kejar harapan panjenengan semua, dimanapun kalian menuntut ilmu, saya doakan semoga kalian sukses,” tuturnya.

Foto : Aris Sofiyanto (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Masih di tempat yang sama, Koordinator MGBK, Saiful Bakri saat ditemui isknews.com disela-sela kunjungan Stand mengatakan, Pameran perguruan tinggi ini digelar dalam rangka untuk memberikan informasi kepada masyarakat, terutama bagi kelas XII tingkat SMA sederajat yang tahun ini menghadapi kelulusan.

TRENDING :  Puluhan Penyandang Difabel Kudus Semangat Ikuti Pelatihan Internet

“Hari pertama pameran sekaligus pembukaan, digelar Selasa (14/1/2020) dimulai pukul 08.00 hingga 18.00 WIB. Sedangkan pada hari kedua Selasa (15/1/2020) sekaligus penutupan, dimulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.,” jelasnya.

Tujuan diadakan acara gebyar gemilang Expo Perguruan Tinggi ini dengan harapan siap menyongsong generasi emas yang hebat dengan mengusung tema, ‘Gebyar Millenial Expo Perguruan Tinggi, Menuju Indonesia Maju’.

Sementara itu, Sri Maryanti Ketua MGBK Kudus mengatakan, kegiatan pameran pendidikan ini sebagai pelayanan untuk melayani peserta didik dalam memahami dirinya sendiri, baik secara individual maupun secara kelompok. Supaya mampu mandiri dan berkembang secara optimal dalam perkembangan kehidupan pribadi dan sosialnya.

“Hal ini termasuk tugas para guru BK tingkat SMA, MA dan SMK untuk memandu arah studi lanjutnya, terutama bagi peserta didik yang akan melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi,” terang Sri Maryanti.

TRENDING :  KSBSI : Aturan Baru BPJS Rugikan Buruh

Sejak dibuka Plt Bupati Kudus HM Hartopo didampingi Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Propinsi Jateng, Sunoto didampingi Koordinator MGBK Saiful Bakri, Ketua MGBK Kudus Sri Maryanti dan segenap perwakilan Universitas, pada Selasa pagi (14/1/2020), ribuan calon mahasiswa dari Kabupaten Kudus dan sekitarnya berbondong-bondong memilih kampus mana yang bakal mereka tuju nantinya.

Sri Maryanti mengatakan, Pameran atau expo perguruan tinggi ini sejak dari tahun ke tahun tren pesertanya semakin meningkat. Termasuk jumlah universitas yang turut andil dalam kegiatan tersebut.

”Pada awal pelaksanaan dahulu ada 50-an perguruan tinggi yang Ikut serta,  tahun berikutnya bertambah menjadi 65, 70 dan tahun ini ada 77 perguruan tinggi yang ikut serta,” terangnya.

Pihaknya berharap dari kegiatan pameran semacam ini, dapat membantu pelajar sekolah SMA sederajat yang ada di wilayah Kudus dan sekitarnya untuk mendapatkan informasi dan sosialisasi dari universitas terkemuka.

“Ini sangat membantu sekolah. Sebab kalau datang di masing-masing universitas tentu menyita waktu,” ujarnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :