Minggu Ke-2 Ramadhan, Ruko Mukena di Pasar Kliwon Banjir Pembeli

oleh -127 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Memasuki minggu ke-2 bulan Ramadhan 1443 Hijriyah atau tahun 2022 Masehi, ruko-ruko mukena di Pasar Kliwon Kudus mulai dipadati masyarakat.

: Pengunjung di Pasar Kliwon terlihat melihat koleksi mukena yang dijual di salah satu ruko (Foto: My)

Suasana tersebut berbeda dengan yang dirasakan pada minggu pertama Bulan Ramadhan, yang diakui jauh lebih sepi pengunjung yang mencari perlengkapan ibadah.

Salah satu pedagang mukena di Pasar Kliwon, Dewi Mutmainnah, menyebut, kondisi ramai pembeli di ruko miliknya terjadi pada minggu kedua. Sementara pada minggu pertama cenderung sepi.

“Kalau pas minggu pertama malah sepi, mungkin karena awal ramadhan jadinya sudah dipersiapkan sebelum puasa,” katanya, Jumat (15/04/2022).

Dewi justu mengungkapkan bahwa pemburu alat perlengkapan ibadah sangat ramai pada saat dua minggu sebelum memasuki bulan Ramadhan. Bahkan, beberapa produk mukena yang baru datang langsung ludes diburu masyarakat.

“Mukena yang motif bunga tabur itu paling banyak dicari, barang baru datang langsung habis terus,” tuturnya.

Sementara untuk motif terbaru yang lagi ngetrend pada tahun 2022 ini, lanjut Dewi, ada mukena 2 in 1 yang banyak digandrungi baru-baru ini.

Mukena jenis ini memiliki dua cara pemakaian karena pada bagian leher dipasang resleting. yaitu model reguler dan juga model ponco (tanpa tudung kepala).

Jadi sangat praktis digunakan ketika berpergian, terutama bagi para wanita yang menggunakan jilbab sehingga hanya perlu memakai mukena model ponco tanpa perlu melepas hijab ketika shalat.

“Untuk harganya itu sekitar Rp 180 ribu sampai Rp 200-an ribu, tergantung juga dari bahan dan renda yang dipakai,” katanya.

Kemudian, ada pula model mukena khadijah yang masih diincar para pembeli. Mukena ini masih jadi idaman dan belum tertelan dengan model mukena-mukena terbaru.

“Dari tahun-tahun kemarin, mukena khadijah masih banyak peminatnya, tahun ini pun masih tinggi,” ungkapnya.

Kemudian, best seller yang ketiga produk mukena yang banyak dicari adalah model daun tabur. Model ini ditaksir menjadi idaman di kalangan ibu-ibu. Bahkan, tiap kali barang ini datang langsung habis diburu pembeli.

Lebih lanjut, Dewi menyampaikan, untuk persiapan ramadhan tahun ini dia mulai melakukan stok sejak bulan Februari kemarin. Dewi pun tidak menampik bahwa penjualan alat perlengkapan ibadah memang meningkat saat mendekati Bulan Ramadhan.

“Pembeli yang datang dari dalam dan luar kota, ada yang grosir dan ada juga yang beli ecer,” tukasnya. (MY/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :