Mobil Layanan Kependudukan Bergerak Dekatkan Warga Urus Dokumen Adminduk

oleh

Kudus, isknews.com – Petugas Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kudus terus berupaya mempermudah serta melayani warga yang mengurus surat-surat administrasi kependudukan.

Dengan Mobil Keliling Pelayanan Administrasi Kependudukan. Mobil layanan tersebut mempermudah warga untuk mengurus berbagai surat administasi kependudukan secara gratis seperti Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, Akta Keluarga dan Akta Kematian.

Guna semakin mem-valid-kan jumlah penduduk di wilayah kabupaten kudus telah menyusun jadwal pengerahan armada mobilnya hingga ke daerah-daerah pinggiran.

TRENDING :  Operasi TNI menjelang HUT TNI yang ke 70

Seperti yang dilakukan di lokasi pelayanan jemput bola Desa Wonosoco kecamatan Undaan. Selama ini, warga Desa Wonosoco bila mengurus kelengkapan administrasi kependudukan harus menempuh perjalanan sekira satu jam ke kantor Dukcapil pemkab Kudus.

“Karena itu, dengan pelayanan jemput bola kita harapkan warga yang dulu enggan ngurus ke dinas bisa pelayanan mobil ini. Sekarang pelayanan hari pertama,” ujar Putut Winarno S.Stp, Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Pemkab Kudus.

TRENDING :  Pacu Kinerja Pegawai, Sistem Tamsil ASN Diperketat

Pelayanan yang diberikan, lanjut Putut Winarno, meliputi perekaman KTP elektronik, pendaftaran akte kematian dan kelahiran. Sehingga dengan program jemput bola diharapkan  data pasti jumlah penduduk bisa masuk database dinas.

“Mungkin yang dulunya sibuk kerja, jadi agak enggan perjalanan jauh ke dinas. Petani ketika waktu istirahat siang bisa menyempatkan waktunya sebentar ke balai desa untuk urus datanya. Atau juga warga yang punya keluarga sudah meninggal bisa dilayani disini ,” imbuhnya.

TRENDING :  PMI Kudus Bakti Sosial Pengobatan Gratis Untuk 100 Lansia

Ternyata tidak hanya warga mengurus kelengkapan administrasi, namun juga mereka menanyakan terkait KTP elektronik yang habis masa berlakunya.

“Dengan adanya pelayanan jemput bola ini, kita jadi tahu kalau KTP elektronik yang tulisanya sudah berlakunya ternyata tetap berlaku seumur hidup. Jadi tidak perlu mengurus lagi selama tidak ada perubahan data, rusak atau hilang ,” ucap Gundono, warga Wonosoco. (YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :